NILAI LUHUR KEPRAMUKAAN

Silpanus, Danau Sembuluh 09 Maret 2024

 

Peserta didik adalah salah satu bagian penting dalam lingkup sekolah, kehadiran dan keberadaan mereka memberikan kesempatan bagi para pendidik untuk bisa  membentuk, dan membangun secara bersama sifat sifat baik yang dimiliki oleh para peserta didik.

Hal tersebut perlu di tumbuhkembangkan secara berkelanjutan. Agar melalui pendidikan yang sesuai dan tepat di berikan, tentu dapat mencerminkan jati diri pelajar pancasila yang berkarakter. Dengan demikian, keberhasilan dan kemampuan dari anak anak didik mencerminkan juga kompetensi dari para pendidiknya.

Lembaga atau pihak terkait dengan pendidikan, juga merupakan faktor eksternal yang diharapkan dapat memberikan layanan dalam pembentukan karakter peserta didik. Karena untuk menciptakan generasi yang baik diperlukan kerjasama dari semua pihak yang mempunyai visi dan misi dalam memajukan pendidikan. Khususnya bagi pendidikan di Propinsi Kalimantan Tengah.

Di penghujung bulan Pebruari 2024, SMA Negeri 1 Danau Sembuluh mengirimkan dua orang pelajar, dan satu guru pendamping, Anaknda Ahmad Ega Saputra dan Maysarah, untuk mengikuti kegiatan INTERNALISASI NILAI-NILAI KARAKTER KEPRAMUKAAN .

Kegiatan  yang di selanggarakan oleh Dinas Pendidikan Propinsi Kalimantan Tengah. Mengundang para pelajar dari semua sekolah setingkat SMA. Kurang lebih 105 peserta dari 32 sekolah yang menghadiri kegiatan tersebut.

Acara yang mengusung beberapa materi seperti Pendalaman SESOSIF Dalam Kepramukaan, Peran Anggota Pramuka Dalam Menyongsong Indonesia Emas 2045, Character Development, dan Menumbuh Kembangkan Daya Juang GEN Z Dalam Menghadapi Era Bonus Demografi. Bertujuan untuk meningkatkan semangat anak anak muda dalam membangun nilai nilai luhur yang ada dalam kepramukaan.

FHOTO KEGIATAN : 😍😘🥰MAMPIR YUK!!

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari dari tanggal 27 – 29 Pebruari 2024 tersebut semakin menarik dan mengasyikkan bagi para peserta. Apalagi para narasumber seperti, Siska, Bobi, Maulidya Nabila Putri S.Psi dan Asep Ikbal mampu membangun suasana yang humanis dan menggembirakan melalui beberapa game yang di dalamnya tentu memiliki pesan penting arti disiplin, kerjasama dan kemandirian dalam menyelesaikan suatu tantangan baik secara mandiri maupun berkelompok.

Semua kegiatan praktik baik di laksanakan di halaman area Hotel Putra Kahayan dan untuk ragam materi lainnya dilaksanakan di dalam aula hotel tersebut. Seluruh rangkaian kegiatan Internalisasi Nilai Nilai Karakter Kepramukaan tahap I tersebut di buka secara resmi oleh bapak Safrudin S.pd, M.Pd selaku Kabid Pembinaan SMA, mewakili Kepala Dinas Pendidikan Propinsi Kalimantan Tengah, dan ditutup oleh ibu Hana Pertiwi M.Pd selaku sebagai UPT. Balai Teknologi dan Komunikasi Pendidikan Disdik kalteng (BTIKKP).

Harapan kedepan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah, para generasi muda, generasi Z (Gen Zen. red) dapat menjadi pelopor praktik praktik baik di lingkungan sekolah dan bisa memberikan efek positif kepada teman teman lain untuk berkembang dan menjadi insan yang memiliki nilai sesuai profil pelajar pancasila dalam kesehariannya.

@silpanus_gara

profil pelajar pancasila #anaksekolah #sma #profilpelajarpancasila

♬ suara asli – Silpanus Gara – Silpanus Gara

Check Also

PROGRAM MAKAN BERSAMA DI SEKOLAH

By silpanus, Danau Sembuluh Maret 2024 Kutipan dari Implementasi dan Penyusunan Praktik Baik Gerakan Sekolah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *