PROGRAM MAKAN BERSAMA DI SEKOLAH

By silpanus, Danau Sembuluh Maret 2024

Kutipan dari Implementasi dan Penyusunan Praktik Baik Gerakan Sekolah Sehat (GSS) di Satuan Pendidikan

Konsep Dasar : Gerakan Sekolah Sehat (GSS) adalah segala upaya yang dilakukan secara bersama-sama dan terus-menerus oleh semua pihak mulai dari pemerintah pusat sampai ke pemerintah daerah, para mitra, satuan pendidikan, dan masyarakat pemangku kepentingan lainnya tentang pentingnya penerapan Sekolah Sehat dengan berfokus pada Sehat Bergizi, Sehat Fisik, Sehat Imunisasi, Sehat Jiwa, dan Sehat Lingkungan di satuan pendidikan.

Tujuan Gerakan Sekolah Sehat ; Agar seluruh ekosistem satuan pendidikan, yaitu peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat dapat menerapkan dan membudayakan Sekolah Sehat dengan fokus pada lima hal : Sehat Bergizi , Sehat Fisik, Sehat Imunisasi, Sehat Jiwa, dan Sehat Lingkungan.

Sasaran Gerakan Sekolah Sehat ; Satuan Pendidikan di semua jalur, jenjang, dan jenis pendidikan, dan juga melibatkan Peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan, komite sekolah, orang tua, dan masyarakat.

Manfaat Gerakan Sekolah Sehat ; Bagi peserta didik: pembudayaan 5 sehat agar status kesehatan meningkat dan dapat mengikuti proses pembelajaran dengan baik. Bagi pendidik dan tenaga kependidikan: peningkatan kesehatan agar dapat melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik. Bagi orangtua dan masyarakat: berperan dalam usaha peningkatan derajat/status kesehatan peserta didik, baik di sekolah maupun di rumah.

Sehubungan dengan program yang di galakan pemerintah dalam Gerakan Sekolah Sehat itu. Beberapa waktu lalu, tepatnya tanggal 6-8 Maret 2024. Pemerintah Propinsi Kalimantan Tengah, melalui Dinas terkait menyelenggarakan sosialisasi kepada sekolah sekolah yang diwakili oleh satu orang guru dan satu siswa.

👉👉 INTIP YUK ⁉ FILE GERAKAN SEKOLAH SEHAT

“GERAKAN SEKOLAH SEHAT DALAM MITIGASI STUNTING” yang di laksanakan di hotel Neo Palma di Palangka Raya dan di hadiri perwakilan sekolah sebanyak 60 sekolah. SMA Negeri 1 Danau Sembuluh mengirimkan perwakilan Ibu. Rahmi Zakiyah, S.Pd dan siswi anaknda Sarifah. Untuk ikut serta dalam kegiatan sosialisasi tersebut.

Kegiatan yang di selenggarakan dan terjadwal selama tiga hari itu, disamping membahas tentang gerakan sekolah sehat diantaranya bagaimana mengelola kantin kantin yang ada di sekolah dalam penyediaan jajanan sehat bagi warga sekolah. Juga membahas tentang pencegahan dan penanganan kekerasan di satuan pendidikan.

Dari hasil kegiatan sosialisasi yang diikuti oleh Ibu Rahmi Zakiah, S.Pd. Ibu guru yang juga mengkoordinir lingkungan sehat di sekolah ini,  menyampaikan sekaligus mengusulkan kepada pimpinan sekolah Ibu Hj. Hadisuyatni, S.Pd,.M.M agar dalam satu bulan sekali, diterapkan gerakan sekolah sehat khusus untuk makan bersama seluruh warga sekolah dengan menu yang dianggap sehat sesuai dengan hasil sosialisasi yang ikuti oleh beliau.

Sebagai kepala sekolah dan juga kesepakatan semua guru yang ada, usulan tersebut merupakan praktik baik dan memang perlu di terapkan. Setidaknya hal tersebut merupakan tindak lanjut dan sebagai bahan evaluasi untuk dijadikan program sekolah kedepannya.

Dan yang terpenting, bagaimana mensosialisasikan jajanan sehat, kantin sehat dan lingkungan sehat agar tujuan dari program Gerakan Sekolah Sehat benar benar bisa terwujud dengan baik. Dan hal ini menjadi tanggung jawab bersama warga sekolah khususnya bagi SMA Negeri 1 Danau Sembuluh.

Check Also

NILAI LUHUR KEPRAMUKAAN

Silpanus, Danau Sembuluh 09 Maret 2024   Peserta didik adalah salah satu bagian penting dalam …

3 comments

  1. pg happy lucky slot Online slots are another method that is very popular these days and PG is one of the big names that offer an extremely exciting and fun online slots experience.

  2. seru kalo programnya jalan🙏💪

  3. semangat praktik baiknya, semoga lancar💪🙏

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *