BIMTEK PENCEGAHAN DAN PENANGANAN KEKERASAN DI SATUAN PENDIDIKAN SMA PROVINSI KALIMANTAN TENGAH TAHUN 2024

Danau Sembuluh, 05 Mei 2024 by. Silpanus

Sekolah yang aman bagi warga sekolah, adalah setiap warganya baik dari Kepala Sekolah, guru, siswa hingga tenaga kependidikan lainnya tidak pernah mengalami tindakan kekerasan ataupun perundungan.

Seringkali yang menjadi trend perundungan, bullying di sekolah adalah antar siswa dengan siswa. Namun berita tentang kekerasan yang di lakukan guru kepada siswa pernah juga menjadi berita yang kerap membuat dunia pendidikan perlu introfeksi diri. Dalam hal ini untuk menciptakan lingkungan sekolah yang aman bagi semua warganya.

Pemerintah pusat dan daerah juga dinas yang terkait dengan tindakan kekerasan di lingkungan sekolah, terus dan giat menentukan formula yang paling teman dan nyaman bagi semua warga sekolah yang akan berhadapan dengan regulasi yang di buat tersebut.

Sebagai bentuk dari kepedulian pemerintah daerah, khususnya Dinas Pendidikan Propinsi Kalimantan Tengah, beberapa waktu yang lalu. Tepatnya pada akhir bulan April 2024. Mengadakan  kegiatan bimtek selama empat hari dari tanggal 28 April s.d 1 Mei 2024.

Bertempat di Bahalap hotel, peserta yang mengikuti kegiatan bimtek pencegahan dan penanganan kekerasan di satuan pendidikan SMA Propinsi Kalimantan Tengah jumlah peserta yang di undang dari masing masing sekolah sebanyak 100 orang peserta. Dan perwakilan dari SMA Negeri 1 Danau Sembuluh Kabupaten Seruyan di wakili oleh bapak SAIPULLAH, S.Pd. guru dan juga topuksinya sebagai Bimbingan Konseling di unit kerja SMA Negeri Danau Sembuluh.

✔MATERI DAN PERMEN

Pada sesi diklat yang di selenggarakan menghadirkan pemateri yang memiliki kompetensi di bidangnya masing masing seperti Bapak, Temu Ismail,S.Pd,.M.Si. pada topik Regulasi Perlindungan Guru Dalam Menjalankan Tugas Profesi. Kemudian bapak Drs. Kodarohim yang fokus pada topik “Urgesi PPKSP (Permendikbudristek no. 48 Tahun 2023 dan ibu Dr. Rusnanie, M.Pd yang mengangangkat materi tentangn Bentuk Bentuk Kekerasan, Pencegahan Kekerasn dan Orientasi Program Pelatihan.

Kegiatan bimtek di buka secara resmi oleh bapak Muhammad Reza Prabowo, S.IP.M.PA Plt. Kepala Dinas Pendidikan Propinsi Kalimantan Tengah. Dengan terlaksananya bimtek PENCEGAHAN DAN PENANGANAN KEKERASAN DI SATUAN PENDIDIKAN SMA PROVINSI KALIMANTAN TENGAH TAHUN 2024

Diharapkan sekolah sekolah yang berada di lingkup Dinas Pendidikan sudah memliki satuan tugas yang dapat menjalankan tupoksinya sesuai dengan peraturan yang ada. Sehingga tiap sekolah yang ada benar benar menjadi tempat yang aman bagi segenap warganya, dari tindakan kekerasan/perploncoan/bullying dan juga aktifitas yang mengarah kepada hukuman hukuman atau sanksi yang diberikan atau di terima oleh peserta didik. Guru, Kepala Sekolah, dan semua Tenaga Kependidikan yang berada di dalam lingkungan unit kerja.

Check Also

PUTIH ABU ABU TIGA TAHUN

Sembuluh, Rabu 8 Mei 2024 by Silpanus Masa sekolah yang berkesan di bangku sekolah, salah …

One comment

  1. semoga tidak ada aktifitas yg kurang menyangkan karena tindak kekerasan disekolah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *