PPG DALAM JABATAN ANGKATAN DUA

by. Silpanus

Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan merupakan salah satu kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menyelesaikan dan menuntaskan sertifikasi guru dalam jabatan, sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru & Dosen.

Berkaitan dengan sistem atau mekanisme pelaksanaan PPG tersebut, dalam aktifitasnya tetap sistem daring, atau menggunakan media zoom dan google meet dalam pertemuannya. Hal ini dirasa cukup menghemat biaya, baik dari para peserta maupun dalam pelaksanaan perkuliahannya.

Dampak dari covid 19 yang dirasakan tiga tahun terakhir, memberikan keleluasaan bagi para pengguna teknologi khususnya dalam memanfaatkan berbagai aplikasi  daring yang dapat dipergunakan untuk kegiatan pertemuan, karena terpaksa harus bekerja dari rumah atau work from home.

aktifitas daring inilah yang hingga saat ini masih di pergunakan dan dirasa cukup mumpuni dalam kegiatan pertemuan lintas kota bahkan pulau, secara khusus dari Sabang sampai Merauke hanya menggunakan zoom atau google meet. Kalau dikatakan menggunakan media ini sempurna, tidak juga. Karena masing masing pengguna di hadapkan pada kekuatan signal dan jaringan telekomunikasi di tempatnya masing masing.

Yang tentunya dipengaruhi oleh kondisi dan situasi setempat. Namun menggunakan media ini dari segi finansial dirasa cukup ekonomis, disisi lain juga tidak harus terpisah dengan keluarga, untuk mengikuti perkuliahan bagi para tenaga guru yang sudah berkeluarga.

Pelaksanaan PPG yang diikuti oleh guru di SMA Negeri 1 Danau Sembuluh pada angkatan kedua kali ini diikuti oleh dua orang guru. Disela sela tidak adanya jam masuk perkuliahan di zoom atau google meetnya. Mereka menyempatkan diri untuk melaksanakan kewajiban sebaga seorang pengajar dan juga pendidik di sekolah.

@silpanus_gara

guru dan siswa belajar bersama #sma #guru #PPG

♬ suara asli – Silpanus Gara – Silpanus Gara

Semoga kedua guru SMA Negeri 1 Danau Sembuluh dapat menyelesaikan PPG di tahun 2023 dengan baik dan lancar. Dan jerih lelah yang telah di curahkan dalam  mengajar, mendidik sembari ikut perkuliahan di PPG Guru dalam Jabatan angkatan ke dua ini memberikan hasil yang memuaskan.

Sehat selalu dan tetap semangat buat bapak Meirezarianur, S.Pd dan ibu Dibe, S.Pd

 

Check Also

PENGIMBASAN IKM MANDIRI BERUBAH

oleh : silpanus Kurikulum merdeka merupakan bagian dari strategi pembangunan pendidikan di Indonesia, pokok pokok …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *