MONITORING TIM KESBANGPOL KAB.SERUYAN DI SMAN-1 DANAU SEMBULUH

Silpanus,  Kamis 7 Maret 2024

SMA Negeri 1 Danau Sembuluh tiap tahun dimana menjelang peringatan Ulang Tahun RI, selalu mendapat bagian dalam mengirimkan siswa siswi untuk ikut berpartisipasi sebagai anggota Paskibra di Kabupaten Seruyan.

Beberapa alumnus Paskibra Kabupaten Seruyan dari SMA Negeri 1 Danau Sembuluh,  yang sudah merasakan pendidikan dan latihan dalam baris berbaris. Merasakan manfaat atau keuntungan sebagai bagian anggota paskibra Kabupaten Seruyan.

Kedisiplinan menjadi dasar dalam membentuk diri untuk dapat konsisten mengikuti setiap didikan dan latihan yang di ajarkan. Tujuannya sebagai anggota paskibra adalah, dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan sempurna ketika di percayakan sebagai pasukan pengibar bendera di hadapan para pimpinan daerah pada saat upacara bendera pada peringatan detik detik proklamasi yang selalu di laksanakan setiap tanggal 17 Agustus

Tidak di pungkiri, para alumnus paskibra dari SMA Negeri 1 Danau Sembuluh, khususnya peserta didik laki laki ketika sudah menyelesaikan sekolahnya, mereka ada yang bekerja sebagai anggota TNI. Hal ini mungkin salah satu dari persyaratan terpenuhi dari keikutsertaan mereka dalam anggota Paskibra

Pengalaman berharga itulah yang setidaknya memberikan efek positif bagi siswa siswi lainnya untuk mengikuti jejak kakak tingkatnya, kemudian memantapkan diri untuk ikut berbagai tahap seleksi yang di laksanakan di sekolah.

LIHAT 😊😊 FHOTO KESBANGPOL SERUYAN DI SMAN-1 DANAU SEMBULUH

Kehadiran para tim dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Seruyan di SMA Negeri 1 Danau Sembuluh, pada Kamis 7 Maret 2024. Merupakan bagian dalam tahap penyeleksian para peserta didik yang nantinya dianggap layak untuk mengikuti tahap berikutnya sebagai anggota Paskibra.

Tim yang datang bertujuan untuk memastikan bahwa peserta didik yang sudah di terdaftar oleh pihak sekolah untuk di klarifikasi kembali oleh tim. Mereka datang untuk melihat secara langsung peserta didik yang sudah di seleksi oleh pihak sekolah. Dan tahap berikutnya akan di seleksi langsung oleh tim dari Kesbangpol.

Kedatangan dari tim Kesbangpol ini bukan hanya untuk SMA Negeri 1 Danau Sembuluh, melainkan perjalanan mereka sudah mendatangi beberapa sekolah SMA/SMK yang ada di tiap Kecamatan di Kabupaten Seruyan. Program yang mereka lakukan adalah sebagai tindak lanjut dalam penyeleksian dan pemenuhan anggota paskirbra yang akan di persiapkan pada peringatan HUT 17 Agustus mendatang.

Pada beberapa tahun sebelumnya, program ini sesuai anggarannya menjadi bagian dari Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Seruyan. Tetapi sejak tahun 2023, program persiapan dan penyeleksian anggota Paskibra di tangani oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Seruyan di bawah Kementrian Dalam Negeri.

Menurut sumber dari tim Kesbangpol yang datang kesekolah, bahwa nantinya anggota Paskibra untuk persiapan Upacara Bendera di Peringatan detik detik proklamasi 17 Agustus sebanyak 71 orang anggota, yang mana dari tugas tim saat ini adalah melakukan pemantauan secara langsung ke sekolah sekolah sekaligus mengklarifikasi calon anggota yang ikut dalam seleksi menjadi pasukan pengibar bendera.

Kedepannya setelah terpilih tentu akan di didik dan dilatih oleh anggota TNI/Polri yang sesuai dengan tupoksinya dalam persiapan membentuk dan menciptakan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Seruyan yang dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan sempurna

Check Also

PROGRAM MAKAN BERSAMA DI SEKOLAH

By silpanus, Danau Sembuluh Maret 2024 Kutipan dari Implementasi dan Penyusunan Praktik Baik Gerakan Sekolah …

2 comments

  1. tetap smngt yang terpilih yng ga terpilihh lebih smngt lagi biar bisa terpilih

  2. Good job, semangat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *