GIAT EKSKUL XI.MIA 2 MAJU BERSAMA HEBAT SEMUA

Silpanus, 22 Mei 2024

Gelar seni budaya dalam gerak tari di lingkungan sekolah adalah salah satu perwujudan dari melestarikan kearifan lokal agar tidak pupus di telan zaman, khususnya seni tari kreasi daerah Kalimantan Tengah.

Disamping itu juga, apa yang telah dilakukan merupakan bagian dari proyek penguatan profil pelajar pancasila sebagai upaya menjaga warisan budaya yang ada khususnya di kalangan pelajar.

Di era digital zaman sekarang, perkembangan seni tari daerah berkembang dinamis seiring dengan beragam gerak yang di olah secara apik dan kreatif oleh para pengajar tari. Sehingga kemampuan para pelajar untuk mengembangkan kreasinya bisa saja hanya bermodalkan tayangan dari sebuah video di media sosial sebagai tempat untuk belajar.

Namun bimbingan dari seorang guru selalu diperlukan dalam mengawal semua aktivitas siswa dalam ekstrakurikuler yang di jalaninya. Agar apa yang di lakoni benar benar dalam pengawasan dan bimbingan, mengingat relevansinya adalah untuk mendapatkan manfaat yang terbaik bagi sekolah.

M.Mahwada Iqbal, Khairunisa, Dwi Tara Nurhabibah, Linda, Rahmah   dan semua teman di dalam kelas XI.MIA 2, SMA Negeri 1 Danau Sembuluh, aktif dalam kegiatan ekskul yang bertajuk “Maju Bersama Hebat Semua” pada gerak tari yang di bawakan oleh para pelajar.

Sebagai wali kelasnya ibu Rafika Norcahyani, S.Pd,.M.Pd bangga dengan anak anak didik di kelasnya ini, walaupun ada beberapa orang yang masih belum begitu pandai dalam olah geraknya, namun keikutsertaannya dalam giat “Maju Bersama Hebat Semua” menjadi kebanggaan tersendiri baginya sebagai wali kelas.

Untuk menjadi seorang penari yang profesional tentu membutuhkan proses yang tidak instan, perlu tekad dan semangat yang kuat jika betul betul ingin menjadi seorang yang pro dalam bidang ini.

Tetapi setidaknya, pengetahuan yang di terima oleh para siswa dalam memahami dan memaknai Penguatan Profil Pelajar Pancasila di lingkungan sekolah, khususnya pada Tema “Kearifan Lokal” sudah dapat di lihat dari aksi nyata para siswa dalam tarian yang mereka tampilkan.

Harapan kedepannya adalah, segala praktik baik yang dilakukan ataupun yang sudah di rancangkan dapat memberikan manfaat baik untuk sekolah, peserta didik dan guru yang ada di unit kerja.

Sejatinya untuk menjadi yang terbaik tentu membutuhkan proses yang harus selalu di lakukan dari pada hanya diam  berpangku tangan tanpa berbuat apa apa.

@silpanus_gara

Tarian Ransa bernuansa etnik dayak #tariandayak #anaksekolah #tarian #dayakkalimantan

♬ Bornean (Sape Dayak Kalimantan) – Helmy Trianggara

Check Also

PROGRAM MAKAN BERSAMA DI SEKOLAH

By silpanus, Danau Sembuluh Maret 2024 Kutipan dari Implementasi dan Penyusunan Praktik Baik Gerakan Sekolah …

3 comments

  1. tingkat kan lagi biar lebih giat dan maju

  2. mantap dan lanjutkan praktik baiknya ya, salam dari Jawa🙏🙏

  3. mantap iqbal dkk, semangat terus untuk memajukan sekolah ya‼️

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *