PRAKTIK USAI SIAP TEORI

Selalu Ada Proses Dalam Meraih Impian

Sembuluh, 23 Maret 2022 : 13.30 WIB oleh : silpanus

Tahun pelajaran 2021/2022 masih menyisakan beberapa bulan lagi akan berakhir, peserta didik khususnya kelas XII tentunya sudah melaksanakan proses beberapa ujian yang di laksanakan oleh sekolahnya masing masing. Sesuai dengan kalender pendidikan yang disampaikan oleh dinas terkait. Salah satu bentuk ujian yang dilaksanakan pada bulan Maret 2022 adalah ujian praktik untuk beberapa pelajaran yang menetapkan praktik di aktivitas belajar mengajarnya.

Pelaksanaan ujian sekolah di tahun 2022 ini, terasa berbeda walaupun secara tehnisnya tidaklah jauh berbeda dengan pelaksanaan ujian di dua tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan situasi pandemi covid 19 yang masih terasa dan beberapa kebijakan yang harus disesuaikan dengan protokol kesehatan. Dengan kata lain, pendidikan yang dilaksanakan wajib beradaptasi dengan kebiasaan baru.

Vaksinasi Tenaga Pendidik

Kebiasaan baru yang di terapkan tersebut diantaranya penggunaan masker, jaga jarak, mencuci tangan dan menghindari kerumunan. Dengan begitu diharapkan mengurangi penyebaran virus covid 19. Dengan mengacu pada kebijakan yang diterapkan oleh Pemerintah tersebut. SMA Negeri 1 Danau Sembuluh melaksanakan proses pembelajaran secara terbatas. Seperti pelaksanaan pembelajaran daring namun cara seperti ini tidak mudah diterapkan 100% karena kendala yang ada seringkali menjadi penghambat laju proses pembelajaran, seperti keterbatasan kuota, jaringan terganggu sampai pada lambatnya pemahaman teknologi yang akan digunakan.

Seiring waktu, dimana semua tenaga pendidik dan para peserta didik sudah 100% mengikuti vaksinasi hingga dosis kedua bahkan sudah vaksin boster. Dan dianggap sudah membentuk herd immunity Pembelajaranpun dilakukan secara tatap muka, walaupun dengan penetapan waktu belajar menyesuaikan dengan kebijakan baru. Aktivitas belajar mengajar terasa kembali setelah dua tahun dilakukan secara daring. Bahkan untuk merayakan kelulusan peserta didik tidak bisa dilakukan pada masa itu.

Pada pelaksanaan ujian praktik yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Danau Sembuluh, semua aktivitas dilaksanakan dengan baik. Ibu Rahmi Zakiah, S.Pd, Gr selaku waka (wakil kepala sekolah.red) Kurikulum saat di wawancarai berkaitan dengan peksanaan ujian praktik untuk peserta didik kelas XII, menyampaikan bahwa proses pelaksanaan ujian praktik berjalan dengan baik. Lebih lanjut dia mengatakan bahwa pelajaran yang melaksanakan kegiatan praktik tersebut seperti Fisika, Kimia, Biologi, Ekonomi, Penjas Orkes, Seni Budaya, Prakarya, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Agama.

dok. proses belajar mengajar Rahmi Zakiah saat melakukan supervisi

Dalam tehnis pelaksanaannya ada yang dilaksanakan di sekolah, ada juga yang dilaksanakan di rumah peserta didiknya sendiri dan ke home industri lainnya. Seperti ekonomi yang praktik kegiatannya ada di laksanakan ke home industri dan ke instansi lain dan fisika praktiknya dilaksanakan di rumah masing masing.

Waka Kurikulum juga menjelaskan kepada tim website SMAN-1 Danau Sembuluh, pelaksanaan praktik Bahasa Indonesia, memberikan tema praktiknya tentang teks presedure membuat panganan tradisional dan teks cerita yang pengerjaannya dilakukan oleh peserta didik di rumahnya masing masing, kemudian membawa hasilnya ke sekolah untuk di nikmati bersama sama, begitu juga dengan praktik prakarya yang oleh guru pengajarnya menetapkan tema masakan tradisional

Pada praktik agama, biologi, bahasa inggris dan seni budaya lebih lanjut bu Rahmi Zakiah, S.Pd,.Gr yang juga di kenal oleh kalangan peserta didik sebagai tiktoker karena sikapnya yang humanis ini menjelaskan untuk praktik agama khususnya PAI dilaksanakan praktik sholat jenasah, biologi praktik cara pembuatan tapei, bahasa inggris praktiknya story telling dan seni budaya praktiknya menampilkan drama. Yang lebih banyak praktik itu adalah penjasorkes, karena ada beberapa aktivitas praktik yang di nilai, seperti senam, cara bermain voly, lompat jauh dan beberapa peragaan olah raga lainnya.

Setelah pelaksanaan ujian praktik pada bulan Maret selesai dilaksanakan, di bulan April 2022 akan dilaksanakan ujian sekolah dalam bentuk teori untuk semua mata pelajaran kelas XII. Namun pada bulan tersebut kalender pendidikan bersamaan dengan pelaksanaan ibadah puasa bagi yang beragama islam. Dan hal ini menjadi ritme tertentu yang harus diatur sedemikian rupa, agar prosesnya bisa berjalan dengan baik. Sebagai wakil kepala urusan Kurikulum, beliau akan memantau perkembangan selanjutnya. Apakah ada kebijakan baru terkait dengan pelaksanaan ujian teori yang akan dilaksanakan tersebut di bulan April nanti. Mengingat pelaksanaan ujian sekolah secara khusus untuk Kabupaten Seruyan secara serentak dilaksanakan tanggal 18 April 2022

Sebagai wakil kepala urusan Kurikulum yang baru, beliau juga berharap bahwa untuk kegiatan intrakurikuler di SMAN-1 Danau Sembuluh selalu berjalan dengan baik dan lancar, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, agar proses belajar dan mengajar bisa dilaksanakan, walaupun dengan pengurangan jam di setiap tatap mukanya. Kita semua berharap pendemi segera berakhir dan belajar mengajar di sekolah bisa kembali seperti biasanya sehingga anak anak didik mendapatkan haknya untuk menerima meteri dari para dewan guru

Dokumentasi praktik Ekonomi :

Dokumentasi praktik Fisika :

Check Also

SISWA BAWA TROPHY, GURU LANJUT DIOBSERVASI

by.silpanus, Danau Sembuluh, Maret 2024 SISWA BAWA TROPHY, GURU LANJUT DIOBSERVASI Giat belajar di lingkungan …

26 comments

  1. Teachers are role models who can make a student successful, teacher education is an invaluable spirit for successful students. congratulations and success for advancing students

  2. SEKOLAH ADALAH TEMPAT BAGI PESERTA DIDIK MENDAPATKAN DIDIKAN GURU ADALAH SUMBER DIDILAN ITU, WALAUPUN TAK SEHEBAT GOOGLE PENGAJARAN PENGETAHUAN YANG DISAMPAIKAN TAPI PETUAH DAN DIDIKAN GURU BISA JADI PELECUT KEBERHASILAN PESERTA DIDIK..

    SEMANGAT UNTUK SMAN-1 DANAU SEMBULUH, TETAP BERKARYA DAN MAJU BERSAMA MEMBANGUN INDONESIA MAJU.

    SALAM DARI JOGYA

  3. HEBAT,, SEMOGA SELALU SEMANGAT,
    SALAM DARI PAPUA

  4. SALAM KENAL DAN SALAM SANTUN DARI JAWA
    KEGIATANNYA HEBAT

  5. SALAM SANTUN UNTUK SEMUA GURU SMANSADASE, I LOVE YOU ARE

  6. SMANSADASE selalu di hati

  7. Semangat untuk Indonesia maju

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *