Pengumuman

Alasan Masyarakat Memilih Online Shop Saat Pandemi Covid-19

oleh : Choirul Umatin, Kamis 05 Agustus 2021 14.00 WIB

Pandemic covid-19 tidak hanya menyerang kesehatan kita tetapi juga menyerang perekonomian secara global. Musim pandemic covid-19 sangat memberikan dampak terhadap perekonomian di negara kita. Covid-19 memberikan dampak langsung terhadap perdagangan terutama pada penjualan yang dilakukan transaksi secara langsung, seperti pasar dan toko. Para pelaku usaha dagang yang melakukan penjualan yang dilakukan transaksi secara langsungbanyak mengeluh penurunan omset yang dihasilkan.

Berbagai kebijakan yang diterapkan oleh pemerintah,  seperti PSBB, PPKM berlevel, stay at home, work from home, study from home, dan juga pengurangan penggunaan uang tunai membuat perilaku konsumen menjadi berubah. Dengan perkembangan zaman digitalisasi yang semakin pesat saat ini, kita selalu dimudahkan dalam hal apapun. Kita dapat mudah mencari informasi apa saja, kapan saja, dan di mana saja melalui internet. Internet saat ini sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia.

ilustrasi : sumber internet

Selama kondisi pandemic covid-19 ini masyarakat dihadapkan pada berbagai alternatif pilihan yang tidak banyak untuk melakukan transaksi guna menghindari penyebaran virus corona ini. Konsumen diharuskan menghindari kontak fisik secara langsung sehingga dalam melakukan transaksi mereka lebih banyak menggunakan transaksi secara online. Bahkan banyak sejumlah swalayan dan toko-toko juga saat ini yang menyediakan layanan penjualan online.

Dengan meningkatnya usaha dagang online yang semakin tumbuh dan berkembang di Indonesia, menjadi buah bibir di kalangan masyarakat terutama pada kalangan remaja, semua serba praktis dan mudah. Melalui online shop, konsumen sangat dimudahkan untuk menemukan barang yang diinginkan dan tidak usah repot-repot ke toko hanya untuk membeli suatu barang yang diinginkan.

Kondisi pandemi saat ini berdampak pada perubahan pola konsumen dalam berbelanja, dimana konsumen akan lebih sering berada di rumah untuk melakukan transaksi mereka. Dengan menggunakan smartphon konsumen akan memiliki referensi yang lebih luas mengenai tujuan berbelanja, mereka akan lebih banyak untuk mencari tahu tentang sebuah produk, dan harga yang ditawarkan oleh berbagai penjual.

Konsumen dapat melihat langsung barang dagangan yang dijual melalui smartphone. Konsumen mudah menemukan barang yang diinginkan. Konsumen juga dapat membandingkan harga dengan online shop yang lain. Setelah menemukan barang yang diinginkan, konsumen tinggal memesan barang tersebut dan pembayarannya dilakukan melalui transfer melalui bank atau kartu kredit, setelah itu barang akan dikirim. Jadi antara penjual dan pembeli tidak melakukan transaksi secara langsung.

Ilustasi : sumber internet

Online shop juga memberikan kelebihan kepada konsumen karena dapat melakukan transaksi di mana saja, kapan saja, dari mana saja dan apa saja barang yang diinginkan. Sehinga kita dapat menghemat tenaga dan waktu untuk mendapat barang yang kita inginkan.

Dari berbagai kelebihan belanja online di atas terkadang kita masih menemukan dampak negatifnya. Untuk meminimalisir dampak negative belanja online dapat kita lakukan dengan menjadi pembeli yang cerdas dengan teliti sebelum membeli, mengetahui penilaian dari pembeli terdahulu, mencari informasi melalui kenalan yang pernah belanja di toko tersebut, membaca dengan cermat keterangan produk, bisa menghubungi penjual langsung melalui chat atau telpon. Dengan begitu kita bisa terhindar dari hal-hal yang tidak kita inginkan.

Check Also

2 Hari 1 CINTA

Sembuluh, 09 Oktober 2018, 16.15 WIB Oleh : Silpanus Adakah yang menginginkan bencana alam? Tentu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *