Pengumuman

Tag Archives: PPDB

MPLS SMAN-1 Danau Sembuluh

Sembuluh, 18 Juli 2019, 18.00 WIB

Oleh : Silpanus

Menampaki Tahun Pelajaran 2019/2010, setiap sekolah secara khusus yang ada di Kalimantan Tengah sudah melakukan proses Penerimaan Peserta Didik Baru sejak Juni 2019 hingga memasuki Juli 2019. Yang di tiap sekolah masing masing. Berdasarkan arahan dan petunjuk yang di sampaikan oleh masing masing dinas terkait. Mulai dari jenjang sekolah dasar hingga sekolah menengah atas. Berbagai dinamika mengiringi proses PPDB itu tentu di alami oleh setiap calon peserta didik baru, maupun sekolah yang menjadi tujuan dari peserta didik tersebut. Namun yang tetap menjadi hakekat dan salah satu tujuan pendidikan adalah berupaya semaksimal mungkin menciptakan peserta didik untuk memiliki kemampuan akademik, ketrampilan dan akhlak yang baik, pada setiap output di masing masing sekolah.

1 (1)SMA Negeri I Danau Sembuluh, yang merupakan bagian unit kerja pada Dinas Pendidikan Propinsi Kalimantan Tengah. Turut serta dalam aktifitas tahunan ini dalam layanan terhadap penerimaan peserta didik baru untuk tahun pelajaran 2019/2020. Proses PPDB dilaksanakan berdasarkan petunjuk yang sudah menjadi rambu dalam proses PPDB di tahun ajaran kali ini. Sekolah yang berdomisili di Desa Sembuluh II Kecamatan Danau Sembuluh Kabupaten Seruyan Propinsi Kalimantan Tengah ini. Pada layanan PPDB yang dilakukan, oleh Ibu Nurul Eva Widyastatik, SE selaku ketua Panitia dan juga tim. Sebagian besar menerima calon PDB dari sekolah menengah pertama yang ada di wilayah Desa Sembuluh. Mengingat di desa ini terdapat satu buah SMP Negeri dan satu buah MTs yang pada tahun pelajaran 2018/2019 telah melulusan peserta didik kurang lebih 89 peserta didik. Dari output tersebut. Sebaran yang masuk ke SMA Negeri 1 Danau Sembuluh sebanyak 64 peserta didik. Selebihnya kemungkinan ada yang keluar wilayah Desa atau masuk di SMK Kertapati yang juga berdomisili di Desa Sembuluh II.

 

1 (2)Pada hari pertama pelaksanaan dan sekaligus pembukaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), bertepatan dengan hari senin. MPLS dilakukan dalam upacara bendera dan sambutan Gubernur Kalimantan Tengah, yang di bacakan oleh Ibu Hj. Hadisuyatni, S.Pd.,MM selaku kepala SMA Negeri 1 Danau Sembuluh. Dalam sambutan yang di bacakan oleh ibu kepala sekolah tersebut pada MPLS kali ini. Ada enam point utama yang perlu mendapat perhatian serius oleh setiap insane pendidik dan juga peserta didik. Point tersebut adalah :

  1. Masa depan peserta didik sejatinya ditentukan oleh peserta didik itu sendiri, jadi kepada para peserta didik tugas utamanya adalah “BELAJAR” dan “BELAJAR”
  2. Setiap peserta didik wajib “MENGHORMATI ORANG TUA DAN GURU”, agar mendapat ridho dari orang orang yang telah memberikan pendidikan dan pengajaran, hingga menjadikan dirinya insane yang cerdas dan berakhlak.
  3. Semua peserta didik dapat menghindari “PENYALAHGUNAAN NARKOBA & OBAT OBAT TERLARANG”
  4. Setiap peserta didik dapat memanfaatkan “MEDIA TEKNOLOGI INFORMASI DIGITAL” dengan baik dan benar.
  5. Semua peserta didik dalam memasuki era 4.0 harus memiliki “5 KARAKTER DAN 4 KETRAMPILAN” yakni religious, nasionalis, gotong royong, mandiri dan integritas dan 4 ketrampilan yakni; berkomunikasi, bekerjasama, berpikir kritis, mampu menyelesaikan masalah melalui kreatifitas
  6. Dunia pendidikan khususnya KALTENG mampu menciptakan SDM untuk menyongsong SDM Ibukota Negara mendatang.

 

3 (1)Sambutan Gubernur secara tertulis yang dibacakan langsung oleh ibu kepala sekolah, diharapkan dapat menjadi pelecut semangat para insane pendidik dan juga para pendidik untuk menyongsong era digitalisasi 4.0. Yang mana sedikit demi sedikit layanan secara personal oleh tenaga manusia akan mulai bergeser dengan layanan digitalisasi. Dalam upacara bendera sekaligus pembukaan MPLS SMA Negeri 1 Danau Sembuluh, ibu kepala sekolah Hj. Hadisuyatni, S.Pd.,MM berkenan menyematkan tanda peserta kepada perwakilan peserta didik baru. Sebagai tanda bahwa pelaksanaan MPLS di SMA Negeri 1 Danau Sembuluh secara resmi dimulai.

 

Pada sesi berikutnya, setelah pelaksanaan upacara bendera dan pembukaan MPLS, para peserta didik baru. Mendapatkan materi yang akan di sampaikan oleh dewan guru dan pihak instansi lainnya sesuai dengan tema materi yang berkaitan langsung dengan MPLS. Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 15  s.d 17 Juli 2019. Melalui kegiatan MPLS ini, diharapkan para peserta didik baru. Dapat mengenali lingkungan sekolah yang baru bagi mereka. Dalam  menimba pendidikan untuk kurun waktu tiga tahun kedepan. Sehingga proses pendidikan dan pengajaran yang disampaikan benar benar dapat di manfaatkan oleh semua peserta didik. 

3 (2)SMA Negeri 1 Danau Sembuluh, juga berharap dengan para peserta didik baru di Tahun Pelajaran 2019/2020 dapat memberikan prestasi prestasi yang gemilang, yang dapat membanggakan sekolah, orang tua dan juga para dewan guru. Sehingga di dalam melangkah bersama sama akan mendapatkan hasil yang semakin baik pula. Dan dapat mengharumkan dunia pendidikan, secara khusus pendidikan yang ada di Desa Sembuluh.

  

6 (1)Dihari kedua pelaksanaan MPLS, para peserta didik baru mendapatkan materi dari Pengawas SMA dari Kabupaten bapak Sarkapi, S.Pd. Pada kesempatan tersebut beliau memberikan materi singkat yang berkaitan dengan pelaksanaan MPLS di SMA Negeri 1 Danau Sembuluh, dalam lawatan ke sekolah, bapak Sarkapi berkesempatan bertemu dengan para dewan guru dan kepala sekolah. Memberikan pengarahan dan nasihat yang bersinggungan dengan kinerja para tenaga pendidik, secara khusus dalam meningkatkan layanan pendidikan yang optimal kepada peserta didik. 

7 (2)Pada hari yang sama juga, Kepolisian sector Danau Sembuluh (Polsek Danau Sembuluh) memberikan materi kepada peserta MPLS dalam kaitan kantibmas di lingkungan sekolah, Kaposek Danau Sembuluh mengirimkan dua personil dalam kegiatan MPLS di SMA Negeri 1 Danau Sembuluh, sesuai dengan kapasitasnya sebagai pengaman ketertiban masyarakat secara khusus bagi pendidikan di lingkungan sekolah, materi yang disampaikan bersinggungan langsung dengan karakter dan tingkah laku para remaja dalam bersosialisasi di dalam lingkungan sekolah. Agar menghindari  kenakalan remaja dan  hal hal yang dapat berurusan dengan pihak kepolisian. Agar peserta didik benar benar dapat memahami tujuan utama peserta didik yakni belajar untuk menimba ilmu pengetahuan, mengembangan minat dan bakat agar tercipta generasi muda yang handal dan tangguh.

IMG-20190717-WA0056MPLS hari ketiga, instansi yang turut serta menyampaikan materi adalah dari Bintara Pembina Desa  (Babinsa), Koramil Kecamatan Danau Sembbuluh. Dua anggota TNI yang ikut bekerjasama dengan satuan pendidikan, khususnya di SMA Negeri 1 Danau Sembuluh. Menyampaikan materi tentang Negara Kesatuan Republik Indonesia. Diharapkan dengan materi yang disampaikan tersebut, para peserta didik yang memasuki jenjang SMA dapat lebih memahami, makna dari rasa cinta kepada tanah air, tanah tumpah darah Indonesia. Dengan begitu, menimbulkan rasa patriotisme yang kuat, terutama dalam hal meraih prestasi prestasi gemilang pada level internasional. Karena rasa cinta kepada NKRI, bukan semata mata berjuang di medan tempur saja. Tetapi bagaimana memajukan Bangsa dan Negara melalui prestasi yang gemilang di tingkat Internasional.

IMG-20190717-WA0074Mengakhiri kegiatan MPLS, pada sore harinya, kegiatan dilaksanakan dengan outbond, aktivitas yang di maknai dapat menumbuhkan rasa kekompakan, kepatuhan, dan ketaatan dalam satu game berkelompok, untuk mencapai tujuan dalam suatu kompetisi. Diharapkan dapat menumbuhkan semangat pada diri setiap peserta didik. Bahwa sejatinya dalam menuntut pendidikan di bangku sekolah, kompetisi tidak pernah lepas. Baik dalam kegiatan kurikuler maupun ektrakurikuler. Entah itu secara perorangan ataupun perkelompok. Apalagi kompetisi untuk mengharumkan nama sekolah dengan membawa segudang prestasi.

IMG-20190718-WA0034Ibu Nurul Eva Widyastatik, SE selaku ketua Panitia PPDB tahun pelajaran 2019/2020. Menutup secara resmi kegiatan MPLS yang sudah dilaksanakan dengan baik. Kepada para satuan tugas dari pengurus OSIS yang turut membantu pelaksanaan MPLS dan juga kepada para dewan guru. Beliau atas nama pribadi dan juga kepanitiaan, mengucapkan terima kasih yang sedalam dalamnya atas kerjasama selama pelaksanaan MPLS. Kepada peserta didik yang sudah selesai melaksanakan kegiatan MPLS. Diserahkan sertifikat MPLS sebagai tanda keikutsertaan MPLS pada tahun pelajaran 2019/2020.

TEKS SAMBUT GUB MPLS 2019-2020 ok

MATERI – PEMATERIIMG-20190715-WA0006

“WIYATA MANDALA” oleh : Hj. HADISUYATNI, S.Pd.,MM

5

“KEPRAMUKAAN” oleh : NURUL EVA WIDYASTATIK, SE

4

“KESADARAN BERBANGSA & BERNEGARA” oleh : CHOIRUL UMATIN, S.Pd

6 (2)

“PESERTA DIDIK DAN PRESTASI BAGI SEKOLAH” oleh : SARKAPI, S.Pd


7 (1)

“KANTIBMAS” oleh : POLSEK DANAU SEMBULUH

8

“TATA KRAMA” oleh : NANANG HAITAMI, S.Ag.,MM 

9

 “PEMBINAAN MENTAL” oleh : SAIPULLAH, S.Pd

IMG-20190717-WA0037

“PENGENALAN KURIKULUM” oleh : MUHAMMAD KALYUDI, ST.,MM

IMG-20190717-WA0024

“NKRI” oleh : BABINSA KORAMIL KECAMATAN DANAU SEMBULUH

PIAGAM DAN SERTIFIKAT

Piagam Pemateri1 Piagam Satgas PLS11

Sertifikat Peserta PLS111

IMG-20190718-WA0010

 

IMG-20190718-WA0006

 

IMG-20190718-WA0005

 

PLS SMA Negeri 1 Danau Sembuluh

Kamis, 19 Juli 2018  09.00 WIB

Oleh : Silpanus

 

 

Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) SMA Negeri 1 Danau Sembuluh pada tahun pelajaran 2018/2019, yang di selenggarakan tiga hari, sejak tanggal 15 s.d 18 Juli 2018 berjalan dengan lancar dan baik. Panitia pelaksana Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang di ketuai oleh ibu Saidatul Musaiah, S.Pd, bersama dengan timnya. Menjalankan tugasnya dengan sangat baik. Mulai dari tahap informasi penerimaan PPDB, proses penyaringan, hingga tahap PLS. Dari rangkaian kegiatan yang di laksanakan pada masa PLS, para peserta didik baru yang masuk di SMA Negeri 1 Danau Sembuluh, mengikuti semua kegiatan yang sudah terjadwal oleh panitia. Setiap materi  di sampaikan oleh beberapa orang guru, memberikan pengenalan baru bagi peserta didik yang mulai memasuki fase pengembangan diri untuk lebih maksimal lagi.

 

Jika dipahami dengan pendekatan pemikiran secara awam (biasa, bukan ahli.red), jika peserta didik menentukan pilihan untuk melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi, tentunya ia sendiri akan bertanggung jawab dengan pilihannya tersebut, khususnya pada fase berikutnya dimana ada hubungan antara yang dipilihnya saat ini dengan di masa mendatang. Namun jika pilihan itu sudah di tentukan oleh pihak lain, apalagi di selimuti dengan intervensi kepentingan pribadi atau golongan, maka sang peserta didik yang menjalani perkembangan dirinya akan mengalami dilema, hal ini bisa berdampak pada aktivitasnya dalam mengikuti proses belajar disekolah, hal yang terburuk adalah saat dimana sang peserta didik akan melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi namun terkendala dengan pilihan sebelumnya yang tidak terhubung dengan fase berikutnya. Jadi tidak mengherankan penyesalan itu selalu datangnya terlambat, setelah tahu kebenarannya. Dan yang sering terlontarkan adalah “Andai saja dahulu….” “Ah, kalau bisa waktu diputar kembali…”.

 

PLS SMAN 1 D.Sembuluh "Penutupan"
PLS SMAN 1 D.Sembuluh “Penutupan”

Sejatinya dalam dunia pendidikan yang ada, setiap orang tua yang mampu, baik dalam financial atau apapun yang berkaitan dengan keperdulian pendidikan anak anaknya harus lebih bersikap lapang dada (tidak gusar.red) dengan pilihan sang anak untuk melanjutkan sekolah, sebab tidak mungkin kita sebagai orang tua memberikan buah nangka rasa durian, sebab sang anak inginnya buah durian, atau memberikan buah melon rasa semangka, karena sang anak sendiri ingin buah semangka. Begitulah dengan cita cita para peserta didik, mana mungkin ia bisa menjadi tenaga apoteker yang professional jika pada fase sebelumnya ia di godok dengan dunia perbengkelan, bagaimana mungkin ia menjadi professional di dunia perkebunan, jika sebelumnya ia diajari cara menjahit pakaian.

 

Sebagai wujud dari kepedulian pendidikan menengah yang ada di Desa Sembuluh, SMA Negeri 1 Danau Sembuluh yang akan terus berdiri hingga akhir hayat di dua desa (Sembuluh 1 & Sembuluh 2) akan terus berupaya menjadi jembatan bagi putra putri yang ingin menapaki proses karier yang diharapkan oleh peserta didik itu sendiri untuk fase fase berikutnya. Berupaya dengan segala kemampuan yang ada, memberikan penguatan didikan, pengetahuan dan ketrampilan bahkan juga akhlak kepada para peserta didik, yang memiliki harapan dan cita cita luhur didalam diri mereka sendiri, untuk mengangkat harkat dan martabat diri dan keluarga ke arah yang semakin baik.

 

PLS SMAN-1 D.Sembuluh "Operasi Semut" di Fasilitas Umum
PLS SMAN-1 D.Sembuluh “Operasi Semut” di Fasilitas Umum

Bagian ini lah yang merupakan penguatan dalam pelaksanaan PLS yang sudah di selenggarakan di SMA Negeri 1 Danau Sembuluh. Kerja keras yang sudah dilakukan oleh panitia, dalam penyelenggaraan PLS mendapat apresiasi dari ibu Hj. Hadisuyatni, S.Pd.MM selaku kepala sekolah. Beliau mengucapkan rasa syukur, terima kasih dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada semua panitia (ibu Saidatul Musaiah, S.Pd, bapak Akhmad Halimi, S.Pd.i.MM, bapak Meirezairianur, S.Pd, bapak Hidayatulah, S.Pd) yang sudah bekerja keras dalam menyukseskan PPDB tahun ajaran 2018/2019. Selama kegiatan PLS yang dilaksanakan, bapak Meirezarianur, S.Pd dan bapak Hidayatullah, S.Pd selalu mendampingi tiap tiap jam dalam kegiatan yang di laksanakan, dibantu oleh OSIS SMA Negeri 1 Danau Sembuluh, kegiatan PLS dirasakan sangat menyenangkan bagi para peserta didik baru.

 

Kerjasama antara bapak Meirezarianur, S.Pd dan bapak Hidayatulah, S.Pd tidak bisa di ragukan lagi, sejak dari masa informasi PPDB hingga PLS, kedua guru ini selalu menyelesaikan tugas dengan bersama sama, memiliki hoby yang sama pada sepak bola, tidak heran jika keduanya seperti pinang di belah kampak, tidak serupa tapi memiliki kesamaan hingga hasil pekerjaannya pun dapat diselesaikan dengan baik karena memiliki pandangan yang sama dalam menyukseskan PLS di SMA Negeri 1 Danau Sembuluh. Harapan kedepan, bahwa SMA Negeri 1 Danau Sembuluh, berkomitmen untuk menjadi jembatan, bagi anak anak didik khususnya di wilayah Desa Sembuluh 1 dan Desa Sembuluh 2, dan menawarkan kepada anak anak didik lainnya yang berada di seluruh pulau Kalimantan bahkan NUSANTARA, yang mengikuti orang tua atau walinya bekerja di wilayah Kecamatan Danau Sembuluh. SMA Negeri 1 Danau Sembuluh siap melayani anda untuk meraih cita cita.

 

Selamat datang kepada para peserta didik baru tahun pelajaran 2018/2019. Semoga pilihan anda masuk ke SMA Negeri 1 Danau Sembuluh, bukan karena paksaan, intervensi atau desakan orang lain. Melainkan murni dari keinginan hati dan pilihan anda sendiri dan dukungan penuh dari orang tua anda, sehingga bersama kalian, kita meraih mimpi untuk menggapai harapan yang semakin baik.

#Spirit of SMANSADASE