Pengumuman

Tag Archives: penulis

Siswa XII Sumbang Buku Untuk Perpustakaan

26 Maret 2019, 12.00 WIB

Oleh : silpanus

h6

Beragam bentuk kepedulian peserta didik terhadap sekolah, tentu bukan hal baru lagi bagi warga sekolah, peserta didik yang sebentar lagi akan menyelesaikan pendidikannya di SMA Negeri 1 Danau Sembuluh, sekolah yang selama ini menjadi tempat menimba ilmu pengetahuan dan ketrampilan, serta pembinaan mental dan spiritual. Akan menjadi bagian memori tersendiri bagi para alumninya, disaat akan meninggalkan sekolah tersebut. Semua peserta didik akan menjalani proses itu. Namun, tidak semua angkatan akan meninggalkan kesan yang luar biasa bagi sekolah tercintanya. Peduli terhadap perkembangan sekolah pastilah ada pada setiap warga sekolah. Namun kepedulian terhadap pengembangannya, pasti hanya di nikmati dan menjadi perhatian oleh angkatan tertentu saja.

Hal ini yang dirasakan sekarang, bahwa kepedulian terhadap pengembangan sekolah, khususnya perpustakaan sekolah dapat di lihat dan dirasakan. Dalam hal ini seluruh siswa kelas XII angkatan 2016/2017 dari jurusan IPA dan IPS. Terdiri dari satu local kelas XII.IPA dan dua local kelas XII.IPS Yang akan mengakhiri masa pendidikannya di sekolah. Memberikan sumbangan buku untuk mengisi koleksi buku buku perpustakaan SMA Negeri 1 Danau Sembuluh (baca SMANSADASE). Sikap atau karakter yang ditunjukan oleh angkatan peserta didik ini memberikan citarasa yang berbeda dalam pengembangan sekolahnya sendiri, nilai nilai positif yang ditunjukan peserta didik pada angkatan ini, memiliki nilai plus dan kesan tersendiri. Bukan semata mata hanya untuk menunjukkan bahwa mereka adalah yang terbaik. Namun dampak dari apa yang telah mereka berikan, pasti akan bermanfaat bagi adik adik kelas mereka berikutnya.

Buku buku tersebut diserahkan oleh perwakilan siswa, dan diterima oleh pengelola Perpustakaan SMA Negeri 1 Danau Sembuluh, Ibu Sri Widya Astuti, seorang ASN dan merupakan staf perpustakaan sekolah. Rasa bangga  atas apresiasi yang di tunjukan oleh siswa siswa kelas XII ini. Mendapat respon positif dari pengelola perpustakaan. Karena, sebagai peserta didik setidaknya perduli dan dapat memberikan penghargaan kepada sekolah,  khususnya bagi perpustakaan sekolah. Hal ini adalah suatu sikap yang luar biasa, dan diharapkan dapat dicontoh oleh adik adik kelas yang lainnya.

 

h4Sebab, jika buku buku koleksi perpustakaan sekolah memadai. Setidaknya akan memberikan motivasi membaca di perpustakaan. Dan bukan hanya menjadi sebagai tempat menyimpan buku buku saja atau gudang buku. Tetapi sebagai sarana, menimba ilmu disaat saat proses pembelajaran di kelas tidak berjalan sebagaimana mestinya. Sejalan dengan pemanfaatan kurikulum 13 dan gerakan literasi ditambah lagi dengan penerapan lima hari belajar atau istilah full day. Perpustakaan sekolah di harapkan mampu untuk menjadi alternative pemanfaatan waktu dalam proses belajar mengajar hingga sore hari tersebut.

 

h3Karakter yang telah di tujukkan oleh peserta didik kelas XII angkatan 2016/2017 ini. Tentu menjadi catatan tersendiri bagi pengelola perpustakaan. Sebab dari berdirinya SMA Negeri 1 Danau Sembuluh sampai sekarang. Peran atau partisipasi dari peserta didik yang ada, khususnya dalam keaktifan pada perpustakaan sekolah. Masih sebatas pengunjung dan pembaca. Baru pada angkatan ini, peserta didik perduli dengan perpustakaan sekolahnya. Melalui sumbangan buku yang mereka berikan. Tentu akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi sekolah. Bahwa, pengajaran yang di berikan, oleh para tenaga pendidik baik ilmu pengetahuan ataupun ketrampilan. Plus pendidikan akhlak, mental. Memberikan dampak positif. Bukan hanya bagi pribadi mereka, tetapi juga sekolah terlebih bagi perpustakaan sekolah.

Buku sebanyak 63 eksemplar, hasil dari sumbangsih masing masing peserta didik di tiga kelas, adalah buku untuk koleksi perpustakaan. Buku terbitan Mediaguru dan merupakan hasil tulisan dari salah satu tenaga pengajar di SMA Negeri 1 Danau Sembuluh. Adalah jenis buku buku bacaan yang dapat dimanfaatkan oleh warga sekolah. Sebagai pelengkap buku buku teks yang ada. Harapan yang ingin disampaikan, melalui buku yang telah disumbangan oleh perwakilan siswa, adalah. Agar buku buku yang telah di sumbangkan, dapat menjadi bagian literasi di sekolah. Dapat di baca oleh segenap siswa yang ada, sehingga dapat menimbulkan motivasi bagi adik adik kelas, untuk menumbuhkan semangat berliterasi. Khususnya dalam menciptakan suatu tulisan, dan bukan semata mata hanya mampu untuk membaca saja.

Sebanyak 63 eksemplar koleksi perpustakaan ini, masing masing kelas menyerahkan sebanyak 21 eksemplar, tentu  digunakan sebagai bahan literasi bagi peserta didik, setidaknya dua kelas sekaligus, dapat memanfaatkannya untuk berliterasi di kelas, sehingga pemanfaatan waktu literasi yang berhubungan dengan kurikulum 13, benar benar dapat di gunakan dengan baik. Di samping juga pemanfaatan terhadap buku buku teks yang sudah ada. Juga menjadi sarana dalam berliterasi.

 

h2Kesan yang disampaikan oleh perwakilan kelas. Dalam penyerahan buku untuk koleksi perpustakaan, seperti yang disampaikan oleh Haidir dari perwakilan kelas XII.IPA, dalam penuturannya adalah, sebagai cinderamata dari angkatan mereka, khususnya dari kelasnya, dia dan kawan kawan juga berharap, agar buku yang mereka berikan dapat bermanfaat bagi adik adik kelas, dalam menumbuhkan minat baca di perpustakaan sekolah, dia dan juga dua orang temannya yang lain. Menuturkan, agar adik adik kelas lebih memanfaatkan membaca di perpustakaan, dari pada melakukan hal tidak bermanfaat, apalagi saat saat pembelajaran di kelas sedang tidak ada proses pembelajaran.

 

Senada dengan Haidir, disampaikan oleh Ribka, dan Tasya dari kelas XII.IPS-1 dan XII.IPS-2 dia berharap, adik adik kelas sering berkunjung ke perpustakaan dan rajin membaca, merekapun menitipkan pesan sekaligus harapan kepada adik adik kelasnya, agar saat memanfaatkan sarana yang ada, ketika waktu belajar ataupun hanya sekadar  membaca buku buku di perpustakaan, untuk dapat memperhatikan kerapian buku buku, agar tidak terlihat berantakan, katanya dengan nada polos.

Ibu Sri Widya Astuti, selaku pengelola perpustakaan, mengucapkan terima kasih kepada para peserta didik yang sudah memberikan sumbangan buku, melalui perwakilan kelas mereka, dan berharap, agar peserta didik kelas XII angkatan ini, dapat berhasil dalam pendidikan mereka, khususnya dalam menghadapi USBNBK dan UNBK. Semoga, apa yang telah diberikan oleh peserta didik kelas XII angkatan 2016/2017 dapat menjadi hal yang bermanfaat bagi adik adik kelasnya, dan juga memberikan motivasi kepada warga sekolah, untuk dapat melakukan hal yang sama. Sebagai wujud kepedulian terhadap sarana penunjang pendidikan yang ada di sekolah.

 

“SAGUSABU” KALTENG Pendobrak Semangat Guru_1

Batu Suli Internasional, 21 Maret 2018. 24.00 WIB

Oleh : Silpanus

 

Penandatanganan Nota Kesepahaman Kadis Propinsi dan Pemateri SAGUSABU
Penandatanganan Nota Kesepahaman Kadis Pendidikan Prop,Kalteng dan  Pimpinan Media Guru Indonesia 

Gaung Satu Guru Satu Buku atau yang lebih popular di sebut SAGUSABU kembali merambah ke tanah borneo, tepatnya Kalimantan Tengah. Melalui Dinas Pendidikan Propinsi Kalimantan Tengah telah menggagas upaya menciptakan dimensi berpikir para guru yang berpotensi untuk dapat memberikan andil besar dalam perbendaharaan terciptanya buku buku yang murni di buat oleh tangan tangan tenaga pendidik di bagian tengah pulau Kalimantan ini, memang perlu perjuangan untuk meraih suatu impian, namun kalau hanya berpangku tangan apalah artinya?. Kegiatan yang dilaksanakan di komplek area Hotel Batu Suli Internasional Jalan Raden Saleh No 4 Palangka Raya di buka secara resmi oleh bapak Kepala Dinas Pendidikan Propinsi Kalimantan Tengah Dr. H.Slamet Winaryo, M.Si, sebagai Kepala Dinas beliau mengharapkan melalui pelatihan yang diselenggarakan dapat memotivasi semua guru baik dari tingkat pendidikan sekolah dasar hingga tingkat menengah dan kejuruan di Kalimantan Tengah untuk membiasakan diri dengan menulis buku sehingga demikian apa yang menjadi tujuan dan misi pendidikan untuk meraih keberkahan di bumi yang bersemboyan “Isen Mulang (pantang mundur.red) benar benar dapat diwujud nyatakan melalui tangan tangan guru yang luar biasa.

 

Kegiatan SAGUSABU KALTENG
Kegiatan SAGUSABU KALTENG BERKAH

Kegiatan yang terjadwal selama tiga hari sejak tanggal 21 Maret s/d 23 Maret benar benar di manfaatkan dan lebih focus pada praktik menulis buku, secara umum sasaran buku yang akan ditulis oleh para peserta adalah sebagian besar pada khasanah pendidikan, fiksi/non fiksi (cerpen, novel dan sejenisnya.red) yang tentunya tidak lepas dari petunjuk dan arahan dari para pemateri yang luar biasa seperti bapak Mohammad Ihsan dan bapak Febry Suprapto, M.Pd.I, ditangan pemateri inilah ribuan buku guru sudah berhasil di terbitkan dan benar benar menjadi kebanggaan tersendiri bagi setiap guru yang sudah pernah membuat buku di bawah bimbingan dan arahan dari pemateri yang benar benar luar biasa. Dalam materi yang disampaikan oleh bapak Mohammad Ihsan yang di mulai dari pukul setengah tujuh malam hingga pukul sepuluh malam benar benar mampu mendobrak semangat para guru Kalteng untuk mulai berbenah diri dalam menyumbangkan satu buku satu guru, kata kata penyemangat dan tampilan materi yang di pertontonkan kepada seratus lima puluh orang guru dari berbagai jenjang pendidikan di propinsi Kalimantan Tengah benar benar mampu menghipnoptis untuk saatnya berkarya dan itu bisa di raih melalui apa yang di lihat dan dirasa dan dituangkan kedalam sebuah tulisan yang bermanfaat bagi orang lain.

 

Kegiatan Pembukaan SAGUSABU KALTENG
Kegiatan Pembukaan SAGUSABU KALTENG BERKAH

Harapan dari kehadiran seratus lima puluh orang guru dalam pelatihan satu guru satu buku (SAGUSABU.red) akan mampu menghasilkan seratus lima puluh buku yang benar benar up to date sesuai hasil tulis seorang guru, sehingga propinsi Kalimantan Tengah juga dapat menyumbangkan tulisan tulisan yang bisa dibaca oleh insan guru seNUSANTARA tentunya dengan bimbingan dari pemateri yang benar benar luar biasa dan mumpuni di bidangnya. Tidak hanya berlaku pada seratus lima puluh orang guru saja, secara umum harapan dari Dinas Pendidikan Propinsi Kalimantan Tengah agar semua guru yang ada mampu menulis buku, dan sebagai salah satu kepedulian dari Kadis Pendidikan Propinsi Kalimantan Tengah adalah dengan melaksanakan kegiatan Bimbingan Penulisan SAGUSABU sebagai langkah konkrit dalam upaya meraih kesuksesan bersama khususnya untuk memajukan pendidikan di bumi Isen Mulang. Senada dengan harapan Kepala Dinas Pendidikan Propinsi Kalimantan Tengah, bapak Mirue, M.Pd selaku Ketua Panitia mengharapkan kepada para peserta untuk dapat mengikuti kegiatan dengan baik dan bersungguh sungguh dan dapat menularkan kepada para guru lainnya di tempat tugas,  sehingga terwujud satu guru satu buku dan menjadikan KALTENG BERKAH di bumi ISEN MULANG