Pengumuman

Tag Archives: nawang wulan

Syailendra_Nawang Wulan BERAKSI

10 Nopember 2019. 12.00 WIB

Oleh : SILPANUS

 

pramuka2Pengembangan karakter yang menjadi bagian penting dalam pendidikan. Menjadi salah satu tujuan dasar yang harus bisa di rasakan manfaatnya, baik dalam bersosialisasi di tengah tengah heterogenitas lingkup sekolah, maupun di dalam lingkungan social masyarakat secara umum. Salah satu organisasi pada bidang kesiswaan yang membentuk karakter peserta didik adalah melalui KEPRAMUKAAN. Pembimbingan dan pendampingan yang di perankan oleh para Pembina dan kaka sangga. Menjadi motivasi tersendiri bagi para peserta didik yang merasakan manfaat dari keterlibatannya pada kegiatan kepramukaan di sekolah. Keberhasilan ataupun kegagalan, untuk mengkuti berbagai cabang lomba, dalam kepramukaan apalagi pelaksanaannya  di luar lingkungan sekolah.  Oleh organisasi Kepramukaan dengan melibatkan dari masing masing gugus depan (Gudep.red) pada tiap sekolah. Menjadi nilai dan bahan evaluasi dalam meningkatkan kekurangan dalam mencapai performa yang maksimal.

Eksistensi gudep 10184_10185 SMA Negeri 1 Danau Sembuluh, dengan ambalan Syailendra dan Nawang Wulan. Tidak bisa dipisahkan dari sosok ibu Nurul Eva Widyastatik, SE, intergitas, loyalitas dan totalitas terhadap perkembangan kepramukaan di SMA Negeri 1 Danau Sembuluh masih dan selalu di rasakan oleh para tiap angkatan yang pernah di binanya di ambalan Syailendra dan Nawang Wulan. Sosok sang Pembina yang bisa di kenal dalam buku “Si Manis Dari Demak” biografi singkatnya. Merupakan beberapa kisah  kepramukaan yang dibinanya.  Dalam setiap cabang yang dilombakan pada kegiatan kepramukaan. Ambalan Syailendra_Nawang Wulan selalu membawa trophy dan penghargaan ke sekolah. Tidaklah mengherankan jika ekspektasi para petinggi SMAN-1 Danau Sembuluh, dan dewan guru terhadap cabang lomba yang di laksanakan pada kegiatan kepramukaan selalu sesuai dengan kenyataan.

subcribe

Sisi positif yang dirasakan para anggota pramuka, khususnya kaka sangga yang di angkat dan dilantik oleh Si Manis Dari Demak ini. Mereka benar benar mendapatkan kesempatan tanpa batas untuk mengekspolasi kemampuan dirinya dalam mencipta, dan berkarya hingga dapat diperankan di hadapan gudep lainnya dan para juri. Point lainnya adalah, pengalaman dalam kegiatan yang di ikuti pun menjadi dasar bagi para anak didiknya untuk  dapat di kembangkan dan di pergunakan sebaik baiknya. Ketika para anggota pramuka yang di binanya tersebut masih menjadi peserta didik maupun sudah alumni SMAN-1 Danau Sembuluh, dan dipercaya untuk mengembangkan organisasi kepramukaan di tempat lain.

 

IMG-20191028-WA0005Di akhir Oktober 2019, Syailendra dan Nawang Wulan kembali mendapatkan peringkat Juara Umum II pada kegiatan kepramukaan yang dilaksanakan di Seruyan Raya. Kegiatan kepramukaan yang sudah menjadi agenda rutin di Seruyan Raya. Menjadi perhatian tiap gudep yang ikut serta dalam kegiatan tersebut. Tiap ambalan yang ikut serta mewakili Gudepnya tentu sudah mempersiapkan diri untuk menunjukan performa terbaiknya, begitu juga ambalan Syailendra dan Nawang Wulan yang di pimpin oleh Ibu Nurul Eva Widyastatik, SE dan Bapak Hidayatullah, S.Pd. Kegiatan yang dilaksanakan dari hari jumat hingga minggu, berlokasi di Desa Terawan salah satu desa yang berada di wilayah Kecamatan Seruyan Raya Kabupaten Seruyan Propinsi Kalimantan Tengah.

Beberapa gugus depan di masing masing sekolah, hadir untuk mengikuti kegiatan yang sudah menjadi agenda tahunan itu. hingga tiap Pembina yang ikut serta dalam kegiatan sudah saling mengenal. Bagi para peserta yang baru ikut serta. Hal ini menjadi wadah mereka untuk saling mendalami pengatahuan tentang apa saja yang menjadi agenda kepramukaan di wilayah tersebut. Bagi gudep 10184-10185 SMA Negeri 1 Danau Sembuluh. Ini merupakan kali ketiga mengikuti agenda perjusami di wilayah Seruyan Raya. Dan selalu ambalan Syailendra dan Nawang Wulan. Dapat memberikan citra positif bagi perkembangan pramuka di SMAN-1 Danau Sembuluh. Dengan membawa trophy dan piagam penghargaan.

Sepulang ambalan Syailendra dan Nawang Wulan  mengikuti kegiatan perjusami di Seruyan Raya. Satu minggu kemudian mereka kembali mempersiapkan diri untuk ikut berpartisipasi pada kegiatan Kemah Besar Pramuka yang dilaksanakan oleh Kwatir Cabang Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur. Yang mengadakan acaranya di area wisata Ujung Pandaran. Berada di luar kota Sampit, dengan jarak tempuh kurang lebih dua jam. Syailendra dan Nawang Wulan yang baru pulang dari Perjusami di Seruyan Raya, bersama pembinanya Ibu Nurul Eva (Si Manis Dari Demak) dan Bapak Hidayatullah, S.Pd  (Si Maco Dari Aceh) kembali mengemban tugas gudep 10184-1085, untuk ikut berpartisipasi pada acara tersebut. Kegiatan yang baru pertama kali diikuti oleh ambalan Syailendra dan Nawang Wulan.

Pada kegiatan yang dilaksanakan itu, mereka berangkat dengan pengalaman yang pernah di ikuti di Seruyan Raya. Walaupun sebenarnya untuk tingkat Kwatir cabang Kotim belum pernah mereka ikuti. Namun ekspektasi untuk bisa meraih trophy di Kemah Besar Pramuka Kotim ini selalu ada. Minimal, pengalaman untuk bisa bersaing di level yang berbeda dari tempat yang mereka ikuti akan selalu menambah pengatahuan berharga bagi ambalan Syailendra dan Nawang Wulan. Pada kemah besar pramuka yang diselenggarakan ambalan Syailendra dan Nawang Wulan, berhasil membawa trophy untuk penilaian Karnaval.

Beraksi terus Ambalan Syailendra dan Nawang Wulan, salut dan bangga untuk semua tim. Buat Pembinannya “Si Maco” dan “Si Manis”, bangga mempunyai teman sekerja seperti kalian yang mempunyai Totalitas, Loyalitas, Tangguh, Pantang Menyerah, SMANSADASE Love You Are…

subcribe