PENGIMBASAN IKM MANDIRI BERUBAH

oleh : silpanus

Kurikulum merdeka merupakan bagian dari strategi pembangunan pendidikan di Indonesia, pokok pokok pikiran yang tertuang dalam kurikulum merdeka (kumer) diharapkan mampu memberikan trobosan baru yang signifikan dalam penerapannya.

Sehingga peserta didik dan para pendidik, pengajar. Dapat saling berinteraksi secara nyata dan bebas dalam memberikan kemampuan untuk memajukan pendidikan di unit lingkungan sekolahnya masing masing.

Disisi lain harapan yang ingin di capai dalam kurikulum merdeka ini, adalah untuk lebih meningkatkan lagi kreativitas dari semua tenaga pengajar dan juga dari semua peserta didik. Melalui penerapan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang lebih familiar di sebut dengan P5.

Setiap perubahan tentu ada hal yang terasa berbeda, dan menimbulkan opini yang beragam. Kelemahan dan kelebihan juga mengiringi setiap perubahan tersebut. Akan tetapi jika suatu perubahan diharapkan mampu membawa perubahan yang lebih baik. Maka hal tersebut tentulah sangat bermanfaat .

Sebagai wujud dalam memajukan program dari kurikulum merdeka ini, khusus di wilayah Kabupaten Seruyan, Sekolah Menengah Atas yang berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Propinsi Kalimantan Tengah, secara khusus bagi sekolah sekolah yang sudah menerapkan Kurikulum Merdeka jalur mandiri. Seperti Mandiri Berubah dan Mandiri Berbagi. Di arahkan untuk melakukan pengimbasan kepada sekolah sekolah yang masih pada level Mandiri Belajar.

Sejalan dengan hal tersebut, SMA Negeri 2 Seruyan Tengah yang sudah pada tahap Mandiri Berubah. Bagian Kurikulum dan Tim Pengimbasannya. Melakukan tugas yang diberikan oleh dinas terkait untuk melakukan pengimbasan kepada sekolah yang masih pada tahap Mandiri Belajar.

SMA Negeri 1 Danau Sembuluh yang masih pada tahap Mandiri Belajar, merupakan salah satu sekolah yang menjadi tempat pengimbasan oleh SMA Negeri 2 Seruyan Tengah yang sudah lebih dulu menerapkan Kurikulum Merdeka Mandiri Berubah.

@silpanus_gara

Kurikulum Merdeka #guru #sma #serunyabelajar

♬ Dreamland – 承利

Hal ini tentunya memberi pemahaman yang cukup baik. Mengingat sekolah yang sudah menerapkan IKM Mandiri Berubah, dapat memberikan masukan secara nyata dan gamblang tentang apa dan bagaimana sejatinya penerapan dari P5 tersebut.

Dengan pemahaman yang disampaikan dari sekolah yang sudah menerapkan,  setidaknya dapat menjadi pelecut bagi sekolah sekolah yang lain untuk turut serta menyukseskan IKM ini secara optimal dan dengan kesadaran akan pentingnya perubahan bagi kemajuan pendidikan itu sendiri.

Check Also

PPG DALAM JABATAN ANGKATAN DUA

by. Silpanus Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan merupakan salah satu kebijakan Kementerian Pendidikan dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *