4 BESAR, PEMILIHAN DUTA BACA PELAJAR Dispursip Kabupaten Seruyan

Selasa, 15 Agustus 2023, by silpanus

Perpustakaan yang diperuntukkan bagi siswa siswi sebagai sarana pembelajaran. Perpustakaan sebagai pusat ilmu pengetahuan dan informasi untuk pelajar agar memiliki peran dalam mewujudkan tujuan mencerdaskan siswa siswi.

Artinya kedudukan perpustakaan tidak bisa diabaikan sebagai salah satu unsur pendukung informasi didaerah.

Menurut Undang Undang nomor 43 tahun 2007, perpustakaan adalah institusi yang mengumpulkan pengetahuan tercetak dan terekam, mengelolanya dengan cara khusus guna memenuhi kebutuhan intelektualitas para penggunanya melalui berbagai interaksi pengetahuan.

Untuk mengembangkan kemampuan literasi membaca siswa, diperlukan strategi yang tepat. Salah satunya adalah dengan mengoptimalkan peran perpustakaan sekolah.

Oleh karena itu kepala sekolah, guru dan seluruh pihak sekolah harus saling bekerja dalam memperbaiki dan memaksimalkan peran perpustakaan sekolah dalam meningkatkan budaya baca dilingkungan sekolah.

Dalam mengembangkan budaya baca, secara khusus menggali kemampuan para pelajar setingkat SLTA/sederajat. Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupatan Seruyan (Dispursip). Mengadakan lomba pemilihan duta baca tingkat pelajar yang di laksanakan pada tanggal 14 Agustus 2023, bertempat di gedung serbaguna di Kuala Pembuang.

Acara  dibuka oleh Asisten III Sekda Seruyan H. Sugian Noor dan ditutup oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Seruyan.

Pada lomba yang di laksanakan, diikuti oleh sepuluh peserta dari masing masing SLTA/Sederajat se Kabupaten Seruyan yang sudah mengirimkan perwakilannya untuk kegiatan tersebut.

Dewan juri yang ditetapkan oleh Dispursip Kabupaten Seruyan, adalah orang orang yang berkecimpung dalam giat literasi di Kabupaten Seruyan. Dan pada tahapan penilaian dilakukan tiga kategori penilaian  yaitu, penilaian terhadap karya tulis/makalah/materi usulan program, penilaian dari Presentasi para peserta dan Wawancara yang dilakukan oleh para dewan juri kepada semua peserta.

Kepada semua pemenang dari juara satu, dua, tiga dan juara harapan. Oleh Dispursip Kabupaten Seruyan mendapatkan trophy, piagam penghargaan dan uang pembinaan, serta cindera mata berupa buku. Dan kepada peserta yang masih belum mendapat predikat juara, diberikan piagam penghargaan dan cinderama berupa buku.

Khusus kepada peserta juara satu, mendapatkan slempang Duta Baca Kabupaten Seruyan dan menyandang gelar tersebut selama satu tahun sejak lomba selesai dilaksanakan.

Tujuan yang ingin di capai dalam ajang lomba kali ini, disamping untuk menentukan duta baca tingkat pelajar di Kabupaten Seruyan khususnya untuk tingkat SLTA/Sederajat.  Juga diharapkan perkembangan literasi di bumi Gawi Hantantiring semakin melangkah maju di kalangan pelajar. Terutama dalam menghadapi arus modernisasi media sosial yang semakin kuatnya perkembangan teknologi digital.

Pimpinan SMA Negeri 1 Danau Sembuluh, melalui Wakasek Kesiswaan ibu Nurul Eva Widyastatik, S.E memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Dispursip Kabupaten Seruyan, yang telah mengadakan kegiatan pemilihan Duta Baca Pelajar tingkat SLTA/Sederajat. Sehingga ada kesempatan untuk siswa siswi berpartisipasi dalam ajang tersebut.

untuk melihat silahkan klik  PERSIAPAN TIM SMAN-1 DANAU SEMBULUH

Dalam kesempatan yang sama pula, wakasek kesiswaan mengucapkan selamat dan memberikan apresiasi kepada Ahmad Ega Saputra dan Putri Alga Villa yang  berjuang keras dalam mengikuti kegiatan tersebut. Hingga berhasil masuk dalam empat besar dari penjurian yang sudah di tetapkan.

untuk melihat silahkan klik FHOTO FHOTO KEGIATAN

Check Also

PROGRAM MAKAN BERSAMA DI SEKOLAH

By silpanus, Danau Sembuluh Maret 2024 Kutipan dari Implementasi dan Penyusunan Praktik Baik Gerakan Sekolah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *