DISPURSIP KALTENG GELAR FESTIVAL LITERASI 2022

Palangka Raya, penulis : silpanus

Pernahkah kita mengalami masalah, hanya karena malas baca? Bagi yang belum pernah merasakan terkena masalah,  berarti anda termasuk orang orang yang beruntung karena gemar membaca. Sedangkan bagi yang pernah dan sering dapat masalah karena malas membaca, ya artinya kita harus di paksa untuk gemar membaca.

Sesuatu yang di paksa memanglah tidak selalu mengasyikan, tetapi dalam hal membaca, ini adalah suatu hal yang harus atau bahkan menjadi kewajiban. Membaca memang tidak selalu harus dari buku saja. Banyak media yang bisa dijadikan rujukan untuk di baca. Karena panca indra yang diberikan oleh yang Maha Kuasa kepada kita, sejatinya memiliki makna sendiri untuk dipergunakan.

Melihat, berucap dan mendengar adalah bagian dalam diri setiap orang untuk dapat menterjemahkan dari apa yang di baca. Kemudian menciptakan karya karya inovatif yang positif dan bermanfaat bagi banyak orang.

Dinas Perpustakaan Arsip Kalimantan Tengah, adalah salah satu tempat resmi pemerintah propinsi Kalimantan Tengah. Dalam kekhususannya memberikan layanan kepada masyarakat luas untuk memanfaatkan fasilitas yang ada, sebagai wahana untuk menimba ilmu pengetahuan dari ketersediaan buku buku yang ada.

Masyarakat luas yang bisa mengakses secara langsung Dispursip Kalteng, diharapkan menjadi bagian dalam Gerakan gemar membaca buku. Fasilitas yang disediakan bukan hanya buku buku fisik saja, tetapi juga dapat mengakses internet atau literasi digital yang tersedia di Dispursip Kalteng ini.

Sejalan dengan Gerakan gemar membaca ini. Dispursip Kalteng menggelar Festival Literasi. Dengan berbagai cabang lomba, seperti Literacy Challenge meliputi karungut, rells video literasi Instagram, rally foto dan yel yel yang bertema tentang gemar membaca.

Yang menarik dari festival literasi ini juga adalah penetapan pemustaka terbaik, menulis literasi untuk kalangan jurnalistik dan juga mereview buku bacaan. Dan yang terbaik dan terpilih di apresiasi oleh Dispursip Kalteng dengan hadiah tropy dan uang pembinaan.

Di bidang lomba Literacy Challenge, yang di ikuti oleh perwakilan sekolah setingkat SMA/SMK se propinsi Kalimantan Tengah. Menjadikan cabang lomba ini menarik dan mengasyikan. Semua peserta yang ikut dalam bidang ini, wajib menyelesaikan empat tantangan yang disediakan oleh panitia.

Setiap perwakilan siswa dari sekolah yang mengutus timnya, berupaya maksimal untuk mempertunjukan kemampuannya dalam memaknai gemar membaca. Baik melalui tuturan karungut, yel yel, video literasi dan juga rally fhoto.

Puncak festival literasi di gelar tanggal 22 Nopember 2022,  kegiatan lomba di laksanakan di area Dispursip Kalteng dengan suasana yang menggembirakan sekaligus juga cukup menegangkan  saat pengumuman pemenang lomba.

Dalam laporannya ketua pelaksana menyampaikan bahwa tujuan dari pelaksanaan festival literasi propinsi Kalimantan Tengan tahun 2022 adalah sebagai bentuk apresiasi masyarakat di Kalimantan Tengah dalam menumbuhkan kegemaran membaca di lingkungan sekolah belajar dan lapisan masyarakat di Kalimantan Tengah dan

Fungsinya adalah mengkampanyekan, mempromosikan, mengedukasikan mensosialisasikan dan menginspirasi untuk gerakan Nasional dalam gemar membaca, dilingkungan sekolah belajar, dan seluruh lapisan masyarakat melelui berbagai lomba pada rangkaian festival literasi 2022, sehingga budaya kegemaran membaca di Kalimantan Tengah akan semakin meningkat.

Sebagai perwakilan dari SMA Negeri 1 Danau Sembuluh, tim literasi untuk mengikuti literacy challenge lima orang yang di utus adalah peserta didik kelas X, Ahmad Ega Saputra, Putri Alga Villa, Nor Halidah, M. Radit Ariyanto dan Miftahul Fadillah. Mereka berhasil meraih juara III (tiga) untuk kategori lomba video rells instagram dan juara II (dua) untuk kategori lomba karungut.

Raihan prestasi dari duta literasi SMA Negeri 1 Danau Sembuluh di festival literasi, diharapkan dapat menjadi pelecut bagi teman teman mereka di sekolah. Untuk giat berliterasi dalam membangun peradaban generasi gemar membaca sehingga tercipta karya inovatif baru di kalangan pelajar.

https://vt.tiktok.com/ZSL4TXK1Y/

Ayo berliterasi untuk meraih prestasi‼

Link drive FHOTO KEGIATAN LITERACY CHALENGE

Check Also

PROGRAM MAKAN BERSAMA DI SEKOLAH

By silpanus, Danau Sembuluh Maret 2024 Kutipan dari Implementasi dan Penyusunan Praktik Baik Gerakan Sekolah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *