Pengumuman
Spot tim creative SMA Negeri 1 Danau Sembuluh

“AKSI BAGI NEGERI” SMA Negeri 1 Danau Sembuluh

Sembuluh, 14 Agustus 2018

Oleh : Silpanus

 

Penyerahan Pakaian Layak Pakai SMAN-1 Danau Sembuluh Untuk Korban Gempa Lombok, NTB Oleh Bpk. M.Kalyudi, ST. Wakil Kepala Sekolah
Penyerahan Pakaian Layak Pakai SMAN-1 Danau Sembuluh Untuk Korban Gempa Lombok, NTB Oleh Bpk. M.Kalyudi, ST. Wakil Kepala Sekolah

Berbagai cara yang di lakukan oleh semua sekolah, dalam turut serta memberi dukungan kepada korban bencana yang terjadi di Lombok Nusa Tenggara Barat. Kepedulian itu menjadi bagian dalam upaya menunjukkan aksi solidaritas semata, dan tidak ada tujuan tujuan tertentu untuk kepentingan pribadi ataupun golongan. Sebagai insan yang notabane adalah pendidikan, maka pihak sekolah yang memberikan atau menunjukan aksi solidaritas, bertujuan menanamkan sikap toleransi dan kepedulian social, sebagai siswa yang memiliki karakter dan membudayakan karakter yang mulia. Dengan demikian bahwa bangsa Indonesia memiliki generasi genarasi yang menghargai nilai nilai kemanusian.

 

Spot tim creative SMA Negeri 1 Danau Sembuluh
Spot tim creative SMA Negeri 1 Danau Sembuluh

Bencana yang datang juga, bukanlah suatu timing yang diharapkan untuk menunjukan aksi solidaritas, namun sangat tidak adil jika, membiarkan kejadian yang tidak diharapkan, dialami berlarut larut oleh sebagian orang yang tertimpa musibah. Tanpa ada dukungan aksi untuk saling berbagi untuk meringankan beban yang di derita oleh orang orang yang tertimpa musibah tersebut. Sebagai wujud kepedulian itu, SMA Negeri 1 Danau Sembuluh, tergerak untuk menggalang aksi solidaritas untuk mengumpulkan dana dan pakaian layak pakai, yang akan di donasikan kepada para korban gempa di Lombok, NTB.

 

Spot tim creative SMA Negeri 1 Danau Sembuluh
Spot tim creative SMA Negeri 1 Danau Sembuluh

Memanfaatkan, musim kemarau yang terjadi di wilayah Desa Sembuluh, yang berdampak mulai susutnya air danau, hingga terlihatnya hamparan pasir menyerupai pantai, dapat menjadi momentum bagi SMA Negeri 1 Danau Sembuluh, untuk mengekploitasi fanorama pantai menjadi kewirausahaan social, melalui kreatifitas beberapa guru dan siswa, mengundang para pengunjung pantai, bisa mendonasikan uangnya sambil menikmati spot yang sengaja di buat oleh tim creative SMA Negeri 1 Danau Sembuluh. Memang untuk ukuran keindahan dan keunikan spot yang di buat oleh tim creative masih relative bagus, dari spot spot yang di buat oleh para usahawan ataupun pihak pemerintah, dalam mengeksploitasi tempat menjadi tempat wisata. Namun bagi tim creative SMA Negeri 1 Danau Sembuluh, yang di komando oleh bapak Akhmad Halimi, S.Pd.MM,  yang merupakan guru di SMANSADASE, juga sebagai wakil kepala sekolah urusan kesiswaan. Dan juga di bantu oleh, orang orang lapangan (guru.red) seperti pak. Meirezarianur, S.Pd dan pak Hidayatullah, S.Pd. Apa yang dilakukan bukanlah tujuan bisnis, namun menggerakan hati nurani masyarakat yang ada, khususnya masyarakat Desa Sembuluh I dan Desa Sembuluh II mau dan berkenan mendonasikan sebagian uangnya untuk di berikan kepada korban gempa di Lombok NTB.

 

Aksi guru guru SMA Negeri 1 Danau Sembuluh, upaya menarik minat pengunjung
Aksi guru guru SMA Negeri 1 Danau Sembuluh, upaya menarik minat pengunjung

Upaya yang dilakukan oleh guru guru lainnya dalam mendukung program tak terduga inipun cukup antusias, mereka sengaja mengambil tempat di spot yang dibuat oleh tim crative untuk beraksi dengan hunting fhoto, tujuannya adalah, untuk menimbulkan minat semua guru guru yang ada di sekolah sekolah yang ada di Desa Sembuluh, bisa memanfaatkan spot SMANSADASE, sekaligus berkenan memberikan sumbangannya. Tidak hanya kepada para guru, mereka juga memberikan kesan kepada siapapun yang ingin selvie atau hunting fhoto di spot yang ada, sekalian bisa menyumbangkan dananya untuk solidaritas. Yang menarik sebenarnya bukanlah pada spotnya, tetapi panorama Danau Sembuluhnya yang menjadi daya pikat, danau terluas yang ada di Kalimantan Tengah ini, bisa menjadi sumber daya alam yang memiliki daya tarik sendiri, disamping luas danaunya, pada musim musim kemarau seperti ini, ikan ikan dengan mudah dapat di peroleh, dan bisa menjadi sumber pendapatan yang cukup memberikan nilai tersendiri bagi orang orang yang hoby memancing. Jenis ikan taouman (Channa micropeltes), ikan gabus (Channa striata) dan beberapa ikan lainnya seperti baung (Hemibagrus).

 

Dengan dampak kemarau, yang membuat air danau surut, hingga hamparan pasir yang luas, membuat ide tim creative SMA Negeri 1 Danau Sembuluh, untuk menjadikan obyek wisata tersebut sebagai kesempatan untuk menggalang aksi solidaritas untuk korban gempa. Hingga dengan ikhtiar, tim creative SMANSADASE dapat menghimpun dana sebesar Rp. 1.925.400,- dan dana tersebut telah di transfer ke rekening SATU UNTUK NEGERI TV.

 

Bantuan pakaian layak pakai untuk korban gempa Lombok, NTB
Bantuan pakaian layak pakai untuk korban gempa Lombok, NTB

Di hari pramuka, 14 Agustus 2018, yang di peringati oleh SMA Negeri 1 Danau Sembuluh, tim crative juga menggerakan aksi solidaritas, bersama Pembina Pramuka gugus depan 10184-10185 ibu Nurul Eva Widyastatik, SE. Mengajak semua siswa siswi dan dewan guru, untuk memberikan pakaian layak pakai, sebagai bukti dari wujud kebangkitan  Pramuka di SMA Negeri 1 Danau Sembuluh. Inilah aksi aksi yang dapat di berikan oleh SMA Negeri 1 Danau Sembuluh dalam menunjukkan solidaritas dari dunia pendidikan di Desa Sembuluh. Ibu Hj. Hadisuyatni, S.Pd.MM, selaku kepala sekolah, memberikan apresiasi kepada semua dewan guru dan para siswa yang sudah menunjukkan nilai nilai pendidikan yang berkarakter, melalui aksi aksi yang sangat positif.

 

Check Also

Highlines_Harapan PASTI

Sembuluh, 27 Pebruari 2016 Impian tanpa berusaha hanya menciptakan harapan sia sia, berbeda dengan apa …

Satu Komentar

  1. Luar biasa, Alhamdulillah dengan kegiatan ini kita mendapatkan berbagai pengalaman dan pendidikan moral, khususnya untuk seluruh keluarga besar SMA NEGERI 1 DANAU SEMBULUH dan masyarakat sekitar…
    Segenap Guru dan pihak yang berkaitan selalu mengucapkan salut dan terima kasih atas setiap Reportase tajam dan akurat dari Pak Silpanus…
    Thanks for best Teacher…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *