Pengumuman
Foto Bersama Kadis Pendidikan Kab.Seruyan, Pengawas, Kepala Sekolah, Proktor, Tehnisi, Pengawas dan Ketua Panitia

“Pesta Teknologi” UNBK 2018 LANCAR

Sembuluh Dua, 12 April 2018. 

Oleh : Silpanus

 

Perlengkapan UNBK SMAN-1 Danau Sembuluh
Perlengkapan UNBK SMAN-1 Danau Sembuluh

Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer. Serentak di laksanakan se Indonesia dari tanggal 9 s/d 12 April 2018 untuk tingkat SMA. Semua pihak yang berkaitan dengan UNBK, bersinergi dengan maksimal untuk menyukseskan “pesta teknologi”  ini agar berjalan dengan baik dan lancar. Pihak Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan Pihak Telkomonikasi (PT.Telkom) juga memiliki andil dalam kelancaran UNBK 2018. Sehingga wajarlah jika tanpa dukungan semua pihak, maka tujuan pendidikan itu akan tidak berjalan dengan baik. Peran dari tiap sekolah yang memiliki komitmen dalam menyukseskan UNBK sebagai “pesta teknologi” bagi peserta didik kelas XII. Juga menjadi amunisi yang sangat diharapkan, karena pada unit inilah, merupakan pihak yang bersinggungan langsung dengan pendidikan itu sendiri.

 

Pemantauan Melalui Layar Monitor Oleh Kadis Pendidikan Kab. Seruyan bersama Petugas PLN Desa Sembuluh
Pemantauan Melalui Layar Monitor Oleh Kadis Pendidikan Kab. Seruyan bersama Petugas PLN Desa Sembuluh

Dorongan dari masing masing pihak yang juga ikut merasakan kegembiraan pelaksanaan “pesta teknologi” ini, Memberikan suatu gambaran nyata. Bahwa, pendidikan adalah pilar penting, dalam menciptakan insan yang berkualitas, baik dari pembentukan ahlak, maupun kemampuan kognitif dan psikomotorik peserta didik. Hingga dihasilkan generasi yang baik.  SMAN-1 Danau Sembuluh, yang di pimpin oleh ibu Hj. Hadisuyatni, S.Pd.MM, sebagai kepala sekolah. Merasakan aura yang luar biasa dalam gaung UNBK 2018. Bagaimana tidak?. Sebelum pelaksanaan UNBK. SMAN-1 Danau Sembuluh menyadari sangat minim dari prasarana untuk pelaksanaan UNBK itu sendiri. “Keraguan” dalam turut serta ikut “pesta teknologi” sempat menimbulkan kegalauan“. Namun berkat dukungan dari para orang tua peserta didik kelas XII dan anak didik kelas XII sendiri yang dengan senang hati meminjamkan laptopnya, untuk mengatasi kekurangan prasarana penunjang UNBK. Akhirnya cukup mampu menghalau rasa kegalauan itu. terlebih lagi. Sikap dan semangat proctor dan tehnisi muda SMAN-1 Danau Sembuluh Rahmat Susanto, S.Kom dan Saipullah, S.Pd yang merupakan guru honorer  menunjukkan potensi diri dalam memahami dan menjalankan tugasnya dengan baik. Menjadi kebanggaan tersendiri bagi SMAN-1 Danau Sembuluh. Pada bagian lain pun, semua dewan guru, juga turut bahu membahu menyukseskan pelaksanaan UNBK yang baru pertama kali di laksanakan di SMAN-1 Danau Sembuluh. Membuat ibu Kepala Sekolah yang dari pesimis menjadi optimis. kita tidak mampu menjadi SUPERMAN, tetapi kita harus menjadi SUPERTEAM.

 

Bantuan Peralatan UNBK dari Dinas Pendidikan Prop.Kalimantan Tengah
Bantuan Peralatan UNBK dari Dinas Pendidikan Prop.Kalimantan Tengah

Sebagai bentuk kepedulian dari Dinas Pendidikan Propinsi Kalimantan Tengah. Pada pelaksanaan UNBK 2018. Juga memberikan bantuan peralatan yang sangat membantu dalam menunjang pelaksanaannya, sehingga  pihak sekolah dengan rasa bangga dapat mempergunakan fasilitas itu dengan baik. Pada pelaksanaan UNBK di hari pertama, 09 April 2018. Dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia. Secara keseluruhan berjalan dengan sangat baik. Kondisi peserta sangat baik, tidak ada yang merasa tertekan atau stress, walaupun di bagi kedalam tiga sesi, dan mendapat giliran di sesi terakhir hingga pukul empat sore, mereka masih bersemangat.  Dari evaluasi pengawas kehadiran peserta, hadir semua untuk melaksanakan UNBK tersebut.

 

Tehnisi UNBK Antisipasi Listrik UNBK SMAN-1 D.Sembuluh
Tehnisi UNBK
Antisipasi Listrik UNBK SMAN-1 D.Sembuluh

Hanya saja pada pelaksanaan sesi kedua berjalan. Kondisi alam di SMAN-1 Danau Sembuluh, turun hujan lebat. Awalnya di kuatirkan akan terdampak pada pemadaman aliran listrik. Sebab secara geografis. Bentang kabel listrik PLN menuju Desa Sembuluh dari muara Desa Bangkal kurang lebih 50 km. Dan pada daerah tertentu melewati jalur yang masih ada tanam tumbuh dan pepohonan di tanah milik masyarakat, jika angin cukup kencang dan membuat ranting ranting pohon itu mengenai bentang kabel, maka bisa menyebabkan konseleting dan otomatis listrik bisa padam. Namun kekuatiran itu ternyata tidak terjadi, pasokan listrik PLN berjalan dengan maksimal. Ditengah guyuran hujan yang cukup deras dan sesekali gelegar petir yang bersahutan. Andaipun sampai terjadi pemadaman. Pihak sekolah sudah bersiaga dengan mesin genset yang selalu standbye.

 

Kunjungan sekaligus memantau pelaksanaan UNBK. Kadis Pendidikan Kabupaten Seruyan
Santap siang, bersama  Kadis Pendidikan Kabupaten Seruyan, Pengawas, Petugas PLN dan Dewan Guru SMAN-1 D.

Pada setiap pelaksanaan UNBK itu, pihak PLN juga selalu menempatkan satu orang petugasnya di sekolah, inilah salah satu bentuk keberpihakkan PLN dalam menyukseskan UNBK 2018. Sehingga menempatkan personil mereka di tiap sekolah yang melaksanakan “Pesta Teknologi”. Berjaga jaga apabila terjadi hal yang tidak diinginkan, khususnya berkaitan dengan jaringan listrik. Di bagian pengawasan. Pihak Dinas Pendidikan, khususnya Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Seruyan bpk. Masrohim, S.Pd beserta pengawas bpk. Sarkapi, S.Pd dan bpk. Akhmad Kusasi, S.Pd, juga datang ke SMAN-1 Danau Sembuluh. Memantau pelaksanaan UNBK yang dilaksanakan. Dalam pantauannya beliau mengapresiasi kinerja dari pihak sekolah yang proaktif dalam pelaksanaan UNBK. Sehingga secara pribadipun beliau menyakini bahwa UNBK yang di laksanakan di Kabupaten Seruyan dapat berjalan dengan baik dan lancar.

 

Senyum Indah Peserta UNBK
Senyum Indah Peserta UNBK

Di hari Kedua, dengan mata pelajaran Matematika, keseluruhan aktifitas UNBK di SMAN-1 Danau Sembuluh, berjalan dengan baik dan lancar.  Secara tehnis semua peralatan yang digunakan juga aman dan dalam kondisi baik. Kinerja proctor dan tehnisi yang mendampingi peserta UNBK semakin baik dan tidak mengalami tekanan mental yang dapat menurunkan semangat bekerja, walaupun aktivitas mereka berdua selalu berakhir di pukul lima sore. Setelah merapikan semua peralatan yang di pergunakan. Kondisi alam pun juga sangat baik. Pada pelaksanaan di hari ketiga, dengan mata pelajaran Bahasa Inggris. Keseluruhan pelaksanaannya juga berjalan dengan baik dan lancar. Hanya di sesi ketiga. Hujan kembali turun dengan lebat. Tetapi aktivitas UNBK berlangsung tanpa ada kendala.

 

Senyum Indah Peserta UNBK
Senyum Indah Peserta UNBK

Pelaksanaan UNBK berakhir pada hari Kamis, 12 April 2018 dengan mata pelajaran pilihan. Pada sesi pertama menghadapi kendala. Listrik padam akibat hujan dan petir malam hari. Sehingga perangkat PLN yang menghubungkan arus ke Desa Sembuluh mengalami gangguan. Sesi pertama berjalan dengan menggunakan mesin genset. Semua peserta dapat melaksanakan aktivitasnya dengan lancar. Sementara pihak PLN masih berupaya keras untuk menstabilkan kondisi jaringan perangkat PLN yang mengalami gangguan. Kurang lebih setengah jam menggunakan mesin genset. Listrik kembali berfungsi. Namun kembali mengalami gangguan dan alirsan listrik padam. Tehnisi UNBK SMAN-1 Danau Sembuluh selalu siap dengan kondisi yang darurat. Dan segera mengaktifkan kembali mesin genset. Setelah beberapa waktu kemudian. Dan melalui via telpon ada konfirmasi dari petugas PLN. Bahwa kondisi listrik sudah bisa berjalan dengan stabil. Tehnisi pun segera kembali mengaktifkan aliran menggunakan arus listrik PLN.

 

Senyum Indah Peserta UNBK
Senyum Indah Peserta UNBK

Selama waktu alih fungsi arus dari mesin genset ke PLN dan dari PLN ke mesin genset. Semua peralatan baik computer server maupun computer client,  dan lain lainya. Tetap berjalan dengan normal. Karena ketika alih fungsi arus listrik tersebut. Arus listrik cadangan untuk menyuplay arus listrik ke peralatan adalah dari power suplay. Sehingga tidak mengalami gangguan yang dapat mengganggu pekerjaan para peserta didik. Di hari keempat ini. Kondisi peserta masih tetap semangat, proctor dan tehnisi juga dalam kondisi yang masih prima. Sehingga “Pesta Teknologi” UNBK di SMAN-1 Danau Sembuluh. Berjalan dengan lancar dan baik. Harapan dari semua pekerjaan yang dilakukan ini adalah. Bagi Peserta, jerih payah yang telah di lakukan oleh mereka dapat memberikan hasil yang memuaskan. Bagi Sekolah, khususnya SMAN-1 Danau Sembuluh. Keberhasilan dan beberapa kendala kendala selama pelaksanaan UNBK. Menjadikan bahan koreksi untuk pengembangan selanjutnya di tahun tahun mendatang.

 

Dewan Guru. Team LOGISTIK UNBK SMAN-1 D.Sembuluh
Dewan Guru. Team LOGISTIK UNBK SMAN-1 D.Sembuluh

Bagi proctor dan tehnisi. Pelaksanaan UNBK kali ini sebagai ilmu yang memberikan wawasan, terhadap pemanfaatan teknologi dengan sebaik baiknya untuk dapat bermanfaat bagi anak anak bangsa yang menuntut ilmu. Dengan memberikan layanan pengetahuan yang di miliki. Sehingga benar benar dapat berguna bagi semua peserta. Bagi Panitia UN, USBN_UNBK memberikan pengalaman yang berharga. Dalam memfocuskan perhatian terhadap kesuksesan pelaksanaan ujian dengan baik. Mengedepankan rasa kebersamaan dalam mencapai tujuan bersama. Bahwa dalam meraih suatu tujuan yang mulia. Memerlukan pengorbanan waktu, tenaga dan pikiran. Bukan sekadar hanya untuk menunjukan. Bahwa Panitia itu hebat karena seseorang, atau dua orang saja. tetapi, siapapun yang terlibat dalam kepanitiaan secara menyeluruh adalah sebuah TIM yang HEBAT.

 

Senyum Indah Peserta UNBK
Senyum Indah Peserta UNBK

Semoga “Pesta Teknologi” UNBK 2018 di SMAN-1 Danau Sembuluh, pada tahun tahun mendatang, progresnya semakin keren. Dan fasilitas penunjang untuk pelaksanaan di tahun tahun yang akan datang juga, akan semakin sempurna dan lengkap. Dukungan dari semua pihak sangat luar biasa. Apresiasi terhadap kinerja petugas PLN yang selalu stanbye di SMAN-1 Danau Sembuluh. Kiranya dapat menjadikan “pioneer” bagi perusahan jasa lainnya seperti telekomunikasi, untuk bisa ambil bagian dalam bersiaga, mengawal “Pesta Teknologi” pada pelaksanaan UNBK di tahun pelajaran berikutnya. Kepala Sekolah Hj. Hadisuyatni, S.Pd.MM, Seluruh Dewan Guru SMAN-1 Danau Sembuluh, Panitia Pelaksana Ujian Nasional SMAN-1 Danau Sembuluh, Proktor dan Tehnisi SMAN-1 Danau Sembuluh, dan segenap Peserta Didik UNBK 2018 SMAN-1 Danau Sembuluh. Menghaturkan terima kasih yang setulus tulusnya, atas dukungan penuh dari semua pihak. Gubernur Kalteng, Kepala Dinas Pendidikan Propinsi, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Seruyan, Para Pengawas, Petugas PLN, Para Orang Tua Siswa, dan pihak pihak yang tidak dapat disebutkan satu persatu dalam tulisan ini. Salam Hormat dari SMAN-1 Danau Sembuluh. KALTENG BERKAH

Check Also

Digitalisasi menjadi mudah?

Sembuluh, 20 Januari 2020, 12.00 WIB Oleh : Silpanus   Era digitalisasi di zaman sekarang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *