Pengumuman

Simulasi-2 UNBK SMANSADASE “NOBAR”

Darlan Atjeh, Sembuluh II 7 Pebruari 2017, 12,00 WIB

Oleh : Silpanus

 

Peserta Simulasi-2 UNBK SMANSADASE
Peserta Simulasi-2 UNBK SMANSADASE

Pelaksanaan simulasi-2 UNBK untuk SMA serentak dilaksanakan mulai hari ini tanggal 7 hingga tanggal 8 Februari 2018, setiap SMA yang ada khususnya untuk wilayah Kalimantan Tengah disibukkan dengan simulasi-2 ujian nasional berbasis computer, sebagai uji coba perangkat dan kesiapan sekolah sekolah dalam menyukseskan ujian yang sesungguhnya akan di laksanakan pada bulan April mendatang. Pemanfaatan teknologi sebagai sarana dan prasarana utama dalam Ujian kali ini menjadi tantangan yang cukup menegangkan bagi sekolah sekolah yang pertama kali melaksanakan ujian nasional berbasis komputer, ibaratnya bagai para tehnisi yang akan meluncurkan pesawat ruang angkasa dimana tingkat kemampuan system yang digunakan menentukan keberhasilan peluncuran pesawat yang akan di luncurkan menembus atmosfer bumi.

 

Kepala Sekolah, Sekcam D.Sembuluh, Kades Sembuluh I dan Kades Desa Sembuluh II, Komite Sekolah
Kepala Sekolah, Sekcam D.Sembuluh, Kades Sembuluh I dan Kades Desa Sembuluh II, Komite Sekolah

SMA Negeri-1 Danau Sembuluh di bawah pimpinan ibu Hj Hadisuyatni, S,Pd.MM pada tahun pelajaran 2017/2018 ikut serta menjadi peserta ujian pertama kali dalam ujian nasional berbasis computer, sebagai salah satu sekolah yang berada di wilayah Kabupaten Seruyan dengan letak geografis berada di Desa Sembuluh II Kecamatan Danau Sembuluh merasakan denyut pendidikan yang cukup menegangkan dalam pelaksanaan simulasi-2 UNBK kali ini, hal ini di pengaruhi dari kemampuan system atau perangkat yang di gunakan, baik jaringan LAN yang ada di dalam system laboratorium computer, jaringan internet dan suplay listrik dari PLN yang kadang kadang padam oleh keadaan alam (hujan, petir dan angin. red) karena memang jarak bentang kabel listrik PLN dari Desa Sembuluh menuju pusat listrik yang berada di muara Desa Bangkal menempuh waktu 1,5 jam perjalanan  dimana setiap bentangan kabel listrik pasti melewati pepohonan sehingga tidak heran jika gesekan ranting ranting pohon yang diterpa angin kencang dengan kabel listrik menyebabkan konsleting bahkan bisa memutuskan kabel jika ada pohon yang tumbang. Bagi SMAN-1 Danau Sembuluh antisipasi gangguan listrik dapat disiasati dengan mempersiapkan mesin genset yang memiliki kemampuan untuk menyuplai arus listrik tersebut.

 

Doa memohon kesuksesan kegiatan oleh kepada KUA Desa Sembuluh
Doa memohon kesuksesan kegiatan oleh kepada KUA Desa Sembuluh

Untuk masalah jaringan internet bagi SMANSADASE tidak ada pilihan lain selain menggunakan modem prabayar dengan provider TELKOMSEL. Menurut Proktor SMAN-1 Danau Sembuluh yang menangani UNBK bapak Rahmat Susanto, S.Kom, sejak sinkronisasi yang terjadwalkan oleh pusat untuk SMAN-1 Danau Sembuluh pada tanggal 6 Pebruari jam 10.00 WIB prosesnya berjalan dengan lancar tanpa ada halangan, walaupun sempat terlambat 30 menit dari jam yang ditentukan dikarenakan pada saat itu proctor sedang mengadakan sosialisasi simulasi kepada peserta UNBK di ruang pertemuan, namun. Pada saat sinkronisasi hanya membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit dan semua data sudah tersimpan dalam server siap untuk dipergunakan pada simulasi yang di mulai hari ini tanggal 7 Pebruari 2018. Keterbatasan client khususnya PC untuk peserta ujian sebanyak 10 unit dapat diatasi dengan meminjam laptop dari peserta didik yang oleh pihak sekolah sebelumnya secara resmi menyurati para orang tua dan wali peserta didik untuk meminjam laptop yang menurut proctor SMAN-1 D.Sembuluh dapat dipergunakan, sehingga kendala ini dapat teratasi dengan baik. Semua peralatan pada posisi “stanbye” dan antisipasipun telah di persiapkan dalam pelaksanakan simulasi-2 UNBK, sekarang menunggu pelaksanaannya, pihak sekolah khususnya ibu kepala sekolah Hj. Hadisuyatni, S.Pd.MM didampingi oleh Ketua Panitia UN bpk. Nanang Haitami, S.Ag.MM berharap banyak kepada semua peserta didik dapat mengikuti dan benar benar dapat memahami dalam menggunakan teknologi computer sehingga kesalahan kesalahan dalam penggunaan ataupun pemahaman terhadap teknologi yang digunakan dapat dihindarkan, sehingga yang tersisa dan yang terujikan adalah kemampuan peserta didik dalam menjawab soal soal yang ada.

 

Pemantauan Kegiatan Simulasi-2 UNBK Melalui Slide Monitor
Pemantauan Kegiatan Simulasi-2 UNBK Melalui Slide Monitor

Kegiatan simulasi-2 UNBK di SMAN-1 Danau Sembuluh, disaksikan secara langsung oleh tamu tamu yang sengaja diundang khusus oleh Panitia dan pihak sekolah, dalam sebuah ruang khusus dengan peralatan yang masih cukup sederhana, semua tamu dan dewan guru dapat menyaksikan kegiatan simulasi-2 UNBK di layar monitor projector (infucos) yang beberapa hari sebelumnya sudah di persiapkan oleh proctor bpk. Rahmat Susanto, S,Kom dan Panitia. Tamu tamu yang di undang dari unsure Muspika Kecamatan Danau Sembuluh, Perangkat Desa, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pendidikan, Pihak Perusahaan Perkebunan (PT. SLM & PT.KSI Group), Komite Sekolah dan Dewan Guru. Tujuan dari “Nonton Bareng Simulasi-2 UNBK” (NOBAR.red) ini untuk mengedukasi kepada semua masyarakat khususnya di wilayah Desa Sembuluh, bahwa pendidikan zaman sekarang tidak hanya di alami dan di nikmati oleh peserta didik yang ada di kota kota saja tetapi juga sampai ke pelosok desa, tuntutan pendidikan itu tidak lagi tertuju pada kertas dan pensil tetapi telah mengarah kepada teknologi tepat guna, untuk mencapai hal itu tentunya tidak lepas dari peran semua pihak, bukan semata mata menjadi tanggung jawab guru dan kepala  sekolah saja, tetapi dukungan semua pihak terhadap pendidikan anak, kepedulian pada pendidikan tentunya akan menjadikan kesuksesan yang tidak ternilai apabila semua pihak memberikan dukungan, apapun kekurangan yang menjadi kendala didalam pendidikan setidaknya dapat menjadi bahan pemikiran semua pihak, karena generasi yang diperjuangkan adalah generasi yang memiliki potensi di masanya kelak.

 

Ramah Tamah & Pemantauan Simulasi-2 UNBK Bersama Unsur Muspika Kecamatan, Perangkat Desa, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pendidikan dan Dewan Guru
Ramah Tamah & Pemantauan Simulasi-2 UNBK Bersama Unsur Muspika Kecamatan, Perangkat Desa, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pendidikan dan Dewan Guru

Harapan dan kenyataan memang tidak selalu berjalan sebagaimana mestinya, inilah mungkin mengapa perlunya simulasi agar kendala dapat terdeteksi lebih awal dengan harapan dapat di bahas dalam pertemuan proctor dengan seperti halnya pada pelaksanaan simulasi UNBK-2 yang di laksanakan, SMAN-1 Danau Sembuluh yang mengambil opsi OFFLINE, terpaksa mengalami keterlambatan pelaksanaan jam simulasi, seharusnya terjadwal pukul 07.30 WIB untuk sesi pertama ternyata bisa dilaksanakan pukul sekitar 09.00 WIB karena menunggu token yang dikirimkan oleh pusat (zona.red) ke no handphone kepala sekolah tidak kunjung datang, hingga akhirnya proctor sharing informasi kendala tersebut ke dalam group WA proctor, dan kemudian mencoba mengubah posisi server ke ONLINE untuk bisa mendapatkan token, hingga akhirnya bisa mendapatkan token, kendala muncul tidak disitu saja, pada saat server kembali ke posisi OFFLINE, salah satu pc client mengalami trouble (kekacauan jaringan) hingga menyebabkan proctor harus merestart server. Akhirnya tindakan yang di ambil oleh proctor adalah harus memposisikan server dalam posisi ONLINE dengan begitu setiap kali token berganti dalam kurun waktu 15 menit dapat berubah secara otomatis, harapan tinggal pada jaringan telkomsel, mengingat SMAN-1 Danau Sembuluh hanya mengandalkan modem nirkabel yang menangkap signal dari provider telkomsel. Semoga pelaksanaan simulasi-2 UNBK dapat memberikan gambaran terhadap kendala kendala yang ada agar kedepannya menjadi perhatian semua pihak untuk mendapat perbaikan. Harapan berikutnya adalah munculnya sinergitas antara pihak PLN &TELEKOMONIKASI  khususnya provider yang digunakan oleh tiap sekolah sehingga UNBK – PLN – TELEKOMONIKASI dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Check Also

Digitalisasi menjadi mudah?

Sembuluh, 20 Januari 2020, 12.00 WIB Oleh : Silpanus   Era digitalisasi di zaman sekarang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *