Pengumuman
Susanto, S.Kom Operator Try Out UNBK SMANSADASE

Try Out 2017 SMANSADASE Berbasis Komputer

23 Pebruari 2017, 13.15 WIB

Oleh : Silpanus

 

Pelaksanaan Try Out Hari Ke Lima Berbasis Komputer
Pelaksanaan Try Out Hari Ke Lima Berbasis Komputer

Persiapan menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada tahun ajaran 2016/2017 yang akan di terapkan pada semua sekolah membuat geliat sekolah sekolah yang ada mempersiapkan para peserta didik untuk merasakan pra UNBK di sekolah masing masing melalui try out, sarana dan prasarana yang di miliki memang beragam dan tidak semua sekolah memiliki fasilitas lengkap sebagaimana yang nantinya di gunakan pada pelaksanaan UNBK yang sebenarnya, dan ada beberapa sekolah yang memiliki fasilitas lengkap baik komputerisasi maupun jaringan internet yang menjadi media utama dalam pelaksanaan UNBK, dan nantinya sekolah tersebut akan menjadi induk dalam pelaksanaan UNBK.

Fasilitas Try Out SMANSADASE
Fasilitas Try Out SMANSADASE

Bagi SMAN-1 Danau Sembuluh yang masih belum memiliki fasilitas lengkap dalam pelaksanaan UNBK 2017, pada tahun ini berusaha memberikan pelayanan yang maksimal kepada para peserta didik melalui sarana yang ada dan swadaya sekolah, mencoba mempersiapkan peserta didik kelas XII untuk bisa memahami penggunaan media computer. Ibu Hj. Hadisuyatni, S.Pd.MM selaku kepala sekolah selalu berupaya dengan berbagai usulan ke Dinas Pendidikan Propinsi Kalimantan Tengah agar pada tahun tahun mendatang SMAN-1 Danau Sembuluh bisa mendapatkan fasilitas yang terbaik khususnya penyediaan perlengkapan laboratorium TIK/ICT sehingga suatu saat bisa melaksanakan UNBK secara mandiri.

Peserta Try Out SMANSADASE
Peserta Try Out SMANSADASE

Pelaksanaan try out yang dilaksanakan selama satu minggu dengan keterbatasanan sarana ICT membuat panitia pelaksana UN SMAN-1 Danau Sembuluh ibu Susanti, S.Pd selaku ketua panitia merumuskan alternative pemanfaatan scedulle yang digunakan karena bertepatan dengan pelaksaanaan bimbel sehingga yang melaksanakan try out sore hari maka bimbelnya dilaksanakan pagi hari dan pelaksanaan try out pagi bimbelnya di sore hari, hal ini mengatasi keterbatasan fasilitas computer yang ada sehingga tidak mungkin dilaksanakan serentak di pagi hari perlaksanaan try out namun harapan yang ingin di capai adalah progress kemampuan siswa dalam menggunakan computer sebagai media UNBK yang akan di gelar pada bulan April mendatang.

Susanti, S.Pd Ketua Panitia UN 2017 SMAN-1 Danau Sembuluh
Susanti, S.Pd
Ketua Panitia UN 2017 SMAN-1 Danau Sembuluh

Pemanfaatan Ujian Nasional Berbasis Komputer dalam try out yang di laksanakan di SMAN-1 Danau Sembuluh dapat menghemat biaya untuk penggadaan soal karena para peserta didik tinggal memperhatikan layar monitor computer yang menampilkan soal soal paket yang sudah terintegrasi dengan computer induk operator. Susanto, S.Kom yang merupakan operator LAB TIK SMANSADASE selalu stanbye di meja kerjanya untuk memonitor semua aktifitas penggunaan computer yang di gunakan agar semua peserta didik yang mengikuti try out dapat mengakses semua paket soal dengan benar. Yang terkadang menjadi kendala dalam pemanfaatan computer sebagai media UNBK adalah arus listrik yang kadang kadang padam pada saat try out berlangsung sehingga terpaksa menggunakan genset. Ibu Hj. Hadisuyatni, S.Pd.MM menyampaikan terima kasih kepada panitia pelaksana UNBK SMANSADASE karena bekerja dengan baik dan kompak dalam mengatasi berbagai masalah tehnis yang di hadapi saat pelaksanaan try out, beliau berharap kedepannya pelaksanaan UNBK yang dilaksanakan dapat benar benar mencapai target yang sesuai dengan harapan terlebih dari tingkat kemampuan para peserta didik dalam menjawab soal soal paket yang sudah disediakan.

Ibu. Hj. Hadisuyatni, S.Pd.MM Kepala Sekolah
Ibu. Hj. Hadisuyatni, S.Pd.MM
Kepala Sekolah

Dengan pelaksanaan tryout berbasis computer setidaknya bagi SMA Negeri-1 Danau Sembuluh tidak akan mengabaikan betapa pentingnya memberikan informasi awal kepada peserta didik kelas XII yang nantinya akan melaksanakan UNBK yang sebenarnya, dan dengan pelaksanaan ini pula di harapkan para peserta ujian tidak canggung lagi berhadapan dengan media computer yang nantinya akan terintergasi secara online. Kita berharap pelaksanaan UNBK yang akan di laksanakan benar benar memenuhi harapan kita semua yang sudah memberikan pelayanan maksimal kepada para peserta didik dalam meraih cita citanya dalam mencapai keberhasilan.

Semoga peserta didik, khususnya kelas XII SMAN-1 Danau Sembuluh pada tahun ajaran 2016/2017 yang mengikuti ujian nasional dapat berhasil dengan baik.

Check Also

SEKOLAH BINAAN_LPMP PALANGKA RAYA

Sembuluh, 7 Agustus 2020, 14. 00 WIB Oleh : Silpanus Akhir 2019 hingga pertengahan tahun 2020, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *