Pengumuman
IMG-20180718-WA0012

PLS SMA Negeri 1 Danau Sembuluh

Kamis, 19 Juli 2018  09.00 WIB

Oleh : Silpanus

 

 

Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) SMA Negeri 1 Danau Sembuluh pada tahun pelajaran 2018/2019, yang di selenggarakan tiga hari, sejak tanggal 15 s.d 18 Juli 2018 berjalan dengan lancar dan baik. Panitia pelaksana Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang di ketuai oleh ibu Saidatul Musaiah, S.Pd, bersama dengan timnya. Menjalankan tugasnya dengan sangat baik. Mulai dari tahap informasi penerimaan PPDB, proses penyaringan, hingga tahap PLS. Dari rangkaian kegiatan yang di laksanakan pada masa PLS, para peserta didik baru yang masuk di SMA Negeri 1 Danau Sembuluh, mengikuti semua kegiatan yang sudah terjadwal oleh panitia. Setiap materi  di sampaikan oleh beberapa orang guru, memberikan pengenalan baru bagi peserta didik yang mulai memasuki fase pengembangan diri untuk lebih maksimal lagi.

 

Jika dipahami dengan pendekatan pemikiran secara awam (biasa, bukan ahli.red), jika peserta didik menentukan pilihan untuk melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi, tentunya ia sendiri akan bertanggung jawab dengan pilihannya tersebut, khususnya pada fase berikutnya dimana ada hubungan antara yang dipilihnya saat ini dengan di masa mendatang. Namun jika pilihan itu sudah di tentukan oleh pihak lain, apalagi di selimuti dengan intervensi kepentingan pribadi atau golongan, maka sang peserta didik yang menjalani perkembangan dirinya akan mengalami dilema, hal ini bisa berdampak pada aktivitasnya dalam mengikuti proses belajar disekolah, hal yang terburuk adalah saat dimana sang peserta didik akan melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi namun terkendala dengan pilihan sebelumnya yang tidak terhubung dengan fase berikutnya. Jadi tidak mengherankan penyesalan itu selalu datangnya terlambat, setelah tahu kebenarannya. Dan yang sering terlontarkan adalah “Andai saja dahulu….” “Ah, kalau bisa waktu diputar kembali…”.

 

PLS SMAN 1 D.Sembuluh "Penutupan"
PLS SMAN 1 D.Sembuluh “Penutupan”

Sejatinya dalam dunia pendidikan yang ada, setiap orang tua yang mampu, baik dalam financial atau apapun yang berkaitan dengan keperdulian pendidikan anak anaknya harus lebih bersikap lapang dada (tidak gusar.red) dengan pilihan sang anak untuk melanjutkan sekolah, sebab tidak mungkin kita sebagai orang tua memberikan buah nangka rasa durian, sebab sang anak inginnya buah durian, atau memberikan buah melon rasa semangka, karena sang anak sendiri ingin buah semangka. Begitulah dengan cita cita para peserta didik, mana mungkin ia bisa menjadi tenaga apoteker yang professional jika pada fase sebelumnya ia di godok dengan dunia perbengkelan, bagaimana mungkin ia menjadi professional di dunia perkebunan, jika sebelumnya ia diajari cara menjahit pakaian.

 

Sebagai wujud dari kepedulian pendidikan menengah yang ada di Desa Sembuluh, SMA Negeri 1 Danau Sembuluh yang akan terus berdiri hingga akhir hayat di dua desa (Sembuluh 1 & Sembuluh 2) akan terus berupaya menjadi jembatan bagi putra putri yang ingin menapaki proses karier yang diharapkan oleh peserta didik itu sendiri untuk fase fase berikutnya. Berupaya dengan segala kemampuan yang ada, memberikan penguatan didikan, pengetahuan dan ketrampilan bahkan juga akhlak kepada para peserta didik, yang memiliki harapan dan cita cita luhur didalam diri mereka sendiri, untuk mengangkat harkat dan martabat diri dan keluarga ke arah yang semakin baik.

 

PLS SMAN-1 D.Sembuluh "Operasi Semut" di Fasilitas Umum
PLS SMAN-1 D.Sembuluh “Operasi Semut” di Fasilitas Umum

Bagian ini lah yang merupakan penguatan dalam pelaksanaan PLS yang sudah di selenggarakan di SMA Negeri 1 Danau Sembuluh. Kerja keras yang sudah dilakukan oleh panitia, dalam penyelenggaraan PLS mendapat apresiasi dari ibu Hj. Hadisuyatni, S.Pd.MM selaku kepala sekolah. Beliau mengucapkan rasa syukur, terima kasih dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada semua panitia (ibu Saidatul Musaiah, S.Pd, bapak Akhmad Halimi, S.Pd.i.MM, bapak Meirezairianur, S.Pd, bapak Hidayatulah, S.Pd) yang sudah bekerja keras dalam menyukseskan PPDB tahun ajaran 2018/2019. Selama kegiatan PLS yang dilaksanakan, bapak Meirezarianur, S.Pd dan bapak Hidayatullah, S.Pd selalu mendampingi tiap tiap jam dalam kegiatan yang di laksanakan, dibantu oleh OSIS SMA Negeri 1 Danau Sembuluh, kegiatan PLS dirasakan sangat menyenangkan bagi para peserta didik baru.

 

Kerjasama antara bapak Meirezarianur, S.Pd dan bapak Hidayatulah, S.Pd tidak bisa di ragukan lagi, sejak dari masa informasi PPDB hingga PLS, kedua guru ini selalu menyelesaikan tugas dengan bersama sama, memiliki hoby yang sama pada sepak bola, tidak heran jika keduanya seperti pinang di belah kampak, tidak serupa tapi memiliki kesamaan hingga hasil pekerjaannya pun dapat diselesaikan dengan baik karena memiliki pandangan yang sama dalam menyukseskan PLS di SMA Negeri 1 Danau Sembuluh. Harapan kedepan, bahwa SMA Negeri 1 Danau Sembuluh, berkomitmen untuk menjadi jembatan, bagi anak anak didik khususnya di wilayah Desa Sembuluh 1 dan Desa Sembuluh 2, dan menawarkan kepada anak anak didik lainnya yang berada di seluruh pulau Kalimantan bahkan NUSANTARA, yang mengikuti orang tua atau walinya bekerja di wilayah Kecamatan Danau Sembuluh. SMA Negeri 1 Danau Sembuluh siap melayani anda untuk meraih cita cita.

 

Selamat datang kepada para peserta didik baru tahun pelajaran 2018/2019. Semoga pilihan anda masuk ke SMA Negeri 1 Danau Sembuluh, bukan karena paksaan, intervensi atau desakan orang lain. Melainkan murni dari keinginan hati dan pilihan anda sendiri dan dukungan penuh dari orang tua anda, sehingga bersama kalian, kita meraih mimpi untuk menggapai harapan yang semakin baik.

#Spirit of SMANSADASE

Check Also

IMG-20151021-00912

ASAP, 21 Oktober 2015

Rabu, 21 Oktober 2015, Situasi SMANSADASE diselimuti kabut asap pekat, konsentrasi belajar mengajar kembali berjalan …

2 Komentar

  1. Mantap Pak Sil….
    Kampaknya membuat terhibur…
    Lebih utama lagi, banyak pengetahuan dan motivasi dari tulisannya…

  2. Kampaknya minjam punya wiro sableng Pak, jadi setajam silet heee

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *