Pengumuman
IMG-20151031-00964

Pemilihan Ketua OSIS 2015-2016

Sembuluh Dua, 31 Oktober 2015.12.00WIB

Oleh : Silpanus

Pelaksanaan pemilihan Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMAN-1 Danau Sembuluh masa bakti 2015/2016 dilakukan secara langsung umum bebas dan rahasia, diikuti oleh semua warga sekolah SMAN-1 Danau Sembuluh. Perebutan posisi Ketua di organisasi siswa ini di ikuti oleh 4 (empat) orang kandidat yang mewakili kelas XI.IPA dan XI.IPS. Sebagaimana tradisi pemilihan Ketua Osis hanya bisa ikuti oleh perwakilan siswa kelas XI saja, sementara kelas X dan kelas XII tidak bisa mewakilkan kandidatnya mengingat untuk kelas XII memasuki tahun akhir sekolah dan untuk kelas X masih perlu bimbingan kepengurusan melalui keaktifan sebagai anggota, pada tahun berikutnya mereka diperkenankan untuk mencalonkan kandidat baru.

IMG-20151031-00955Bpk.Meirezarianur, S.Pd, selaku Pembina OSIS SMAN-1 Danau Sembuluh melalui sambutannya mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar besarnya kepada Pengurus OSIS yang mengakhiri masa jabatannya atas segala kerjasama dalam memajukan kegiatan OSIS dan juga yang telah bekerja maksimal pada semua program OSIS, tidak lupa juga beliau berharap kepada pengurus OSIS yang baru dapat meminta bimbingan dari pengurus OSIS yang lama apabila ada hal hal yang kurang dipahami dan dapat selalu berkoordinasi dengan Pembina OSIS. Satu hari sebelum pemilihan Ketua OSIS, tepatnya hari Jumat, 30 Oktober 2015 keempat kandidat melakukan penyampaian VISI dan MISI masing masing calon, Kandidat dari XI.IPS-3, yaituIMG-20151031-00961

  1. Zainal (Kandidat dari XI.IPS-3,), dalam Visi dan Misinya menitik beratkan pada program pemberdayaan kepengurusan OSIS untuk bisa lebih exist di pelaksanaan program.
  2. Mardi (Kandidat dari XI.IPS-2,), dalam Visi dan Misinya focus pada penyadaran penyalahgunaan NORKOTIKA dan melakukan reboisasi di sekitar lingkungan sekolah bekas kebakaran hutan.
  3. Sella Y. (Kandidat dari XI.IPA-2,), dalam Visi dan Misinya konsentrasi pada pemberdayaan perempuan pada kepengurusan OSIS dan memajukan program program sekolah
  4. Apri H.A (Kandidat dari XI.IPA-1,), dalam Visi dan Misinya menitik beratkan pada peningkatan program, seleksi ketat pada kepengurusan OSIS dan bersedia MUNDUR jika lalai dalam tugas dan kewajiban sebagai Ketua OSIS jika terpilih.

IMG-20151031-00958Dialog yang dipimpin oleh Bpk. Nanang Haitami, S.Ag.MM tersebut menampilkan para pengurus OSIS yang lama sebagai penguji materi terhadap visi dan misi yang sudah di sampaikan para kandidat yaitu sdr. Arifin (ketua OSIS 2014/2015) dan sudah mendapatkan bimbingan kepemimpinan OSIS pada pelatihan OSIS di Palangkaraya pada bulan Oktober 2015. Kemudian sdr. Ridho, siswa yang paling vocal mengkritik Visi dan Misi para kandidat dan sdri. Eka Liana Febriandhani, siswa yang paling lantang menuntut bukti dan janji dari para Kandidat, dan bpk. Meirezarianur, S.Pd yang menginginkan program program konkret dari para kandidat.

IMG-20151031-00968Dari penyampaian Visi dan Misi para kandidat tersebut yang terlihat lebih percaya diri dan mampu meyakinkan ± 200 (dua ratus) siswa dan para dewan guru adalah Kandidat dari Kelas XI.IPA.1 sdr. Apri, sementara Sella kandidat dari XI.IPA.2 terlihat banyak membisu grogi karena dua ratusan pasang mata memperhatikannya. Berbeda dengan Mardi, dalam sambutannya mengatakan kalau dirinya belum siap untuk menjadi Ketua OSIS, namun karena tekadnya untuk melakukan perubahan dan dukungan dari teman teman membuat dirinya menjadi berani untuk mencalonkan diri, siswa yang terkenal dengan kecuekan dan kepedeannya membuat Mardi menjadi sosok siswa yang di idolakan para siswi lainnya, seloroh dan guyonannya pun sering muncul tanpa sengaja “Saya tidak ganteng, tapi saya laki laki berkarakter. IMG-20151031-00960Jika dilihat dari sorak sorai para siswa dalam penyampaian Visi dan Misi itu, suara hingar bingar banyak terdengar saat Zainal dan Mardi menyampaikan Visi Misinya, secara kasat mata dukungan pasti akan banyak untuk kedua kandidat itu, berdasarkan peta suara jika dihitung berdasarkan jumlah.

  1. Kelas X (A, B, C)   67 orang
  2. Kelas XI (1-3.IPS, 1-2.IPA) 99 orang
  3. Kelas XII (1-2 IPS, 1 IPA) 75 orang
  4. Dewan Guru 12 orang

Total  Data Pemilih    253 orang

Pada hari H pemilihan dan setelah dilakukan perhitungan suara sepuluh menit saat pemungutan suara berakhir perlahan namun pasti ternyata tidak selamanya yang mendapatkan tepuk tangan terbanyak akan menjadi pilihan, namun pemilih memiliki hak untuk menentukan berdasarkan hati nurani dan bukan berdasarkan hasil tepuk tangan terbanyak, hanya dua kandidat yang cukup memiliki pemilih terbanyak dari dua kandidat lainnya dengan hasil akhir Diagram Pie. Presentasi Pemilih

Pie OSIS

Berdasarkan hasil perhitungan maka oleh Pembina OSIS membentuk Kepengurusan OSIS periode 2015/2016 yang akan diusulkan kepada Kepala Sekolah dan selanjutnya di sahkan melalui Surat Keputusan

saya

Check Also

A

Horeeeee…JUARA JUGA.!!

Sembuluh, 29 Agustus 2019, pukul 18.45 WIB Oleh : silpanus   Perayaan HUT RI 74 …

4 Komentar

  1. Mantap beritanya. Maju terus Smansa D. Sembuluh

  2. I blog frequently and I truly thank you for your information. This article has really peaked my interest. I’m going to book mark your blog and keep checking for new information about once a week. I opted in for your RSS feed too.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *